MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF KOTAK MATEMATIKA DI TK NEGERI PEMBINA
Categorie(s):
Skripsi
Author(s):
DEWI
Tahun:
2022
NIM Mahasiswa:
20306022002
Nama Mahasiswa:
DEWI
Nama Penulis:
DEWI
Item Type:
Skripsi
Additional Info:
Skripsi mahasiswa
Keyword(s):
Kognitif, APE, Kotak Matematika
Abstract :
Latar belakan penelitian ini, rendahnya perkembangan kognitif anak di TK Negeri Pembina Ukui. Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak terutama membandingkan jumlah benda melalui alat permainan edukatif kotak matematika, khususnya untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak melalui ape kotak matematika di kelompok B5 TK Negeri Pembina Ukui. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, subjek pada penelitian ini adalah murid murid usia 5 sampai 6 tahun di kelompok B5. Teknik pengumpulan data dalam adalah melalui lembar observasi, dan dokumentasi, dengan menggunakan teknis analisa data untuk memperoleh data dari siklus I dan siklus II masing masing dua kali pertemuan dengan menggunakan rumus presentase NP = R/SM ? 100%. Hasil penelitian data yang diperoleh perkembanga kognitif anak selalu meningkat selalu meningkat dari data awal hingga siklus II pertemuan dua. Data awal 55%, sikus pertemuan 1diperoleh persentase rata rata 65,83%, sikus I pertemuan 2 diperolehpersentase 73,75%, sikus II pertemuan1diperoleh persentase rata rata 78,33%, sikus II pertemuan 2 diperoleh persentase 86,26%. Sehingga peningkatan keseluruhan perkembangan kognitif anak diperoleh persentasenya rata rata 39,18%