MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK MELALUI BERCERITA MENGGUNAKAN BUKU KARTUN BERGAMBAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN KELAS B 3 DI TK PERMATA SELATPANJANG
Categorie(s):
Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
EPILAWATI
Tahun:
2023
NIM Mahasiswa:
19306021023
Nama Mahasiswa:
EPILAWATI
Nama Penulis:
EPILAWATI
Item Type:
Skripsi
Additional Info:
Skripsi mahasiswa
Keyword(s):
Anak Usia Dini, Kemampuan Berbahasa anak, Cerita Kartun
Bergambar
Abstract :
Perkembangan kemampuan bahasa anak sangat penting untuk diperhatikan. TK Permata Selatpanjang merupakan wahana pendidikan prasekolah dalam pengembangan bahasa anak. Penelitian ini bertolak dari observasi dilapangan yang menunjukkan bahwa pembelajaran di TK Permata Selatpanjang belum menggunakan metode bercerita dengan menggunakan buku kartun
bergambar. hal ini berdampak pada perkembangan bahasa anak dengan pembelajaran yang monoton, karena hanya menggunakan metode bercerita dengan buku cerita biasa sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan berbahasa anak pada kelompok B menggunakan buku kartun bergambar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) Subyek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas B 3 TK Permata Selatpanjang jalan perumbi desa Banglas yang berjumlah 25 anak. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya 1. perkembangan bahasa anak kelompok B, Anak mampu melakukan perintah secara bersamaan, anak mampu menjawab pertanyaan sederhana, mendengarkan cerita dan menjawab pertanyaan, menunjukkan pemahaman didalam isi cerita. 2 kegiatan bercerita dengan menggunakan media buku kartun bergambar memberikan pengalaman baru untuk anak, melatih keberanian, kreatifitas dalam penggunaan bahasa. 3 Hasil dari kegiatan bercerita dengan menggunakan media buku kartun bergambar pada kelompok B 3 yang berjumlah 25 anak dinyatakan berhasil, 4 anak mulai berkembang, 8 anak berkembang sesuai harapan dan 13 anak yang berkembang sangat baik.
Implementasi dari kemampuan bahasa anak melalui buku kartun bergambar sangat dapat digunakan disekolah
bergambar. hal ini berdampak pada perkembangan bahasa anak dengan pembelajaran yang monoton, karena hanya menggunakan metode bercerita dengan buku cerita biasa sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan berbahasa anak pada kelompok B menggunakan buku kartun bergambar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) Subyek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas B 3 TK Permata Selatpanjang jalan perumbi desa Banglas yang berjumlah 25 anak. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya 1. perkembangan bahasa anak kelompok B, Anak mampu melakukan perintah secara bersamaan, anak mampu menjawab pertanyaan sederhana, mendengarkan cerita dan menjawab pertanyaan, menunjukkan pemahaman didalam isi cerita. 2 kegiatan bercerita dengan menggunakan media buku kartun bergambar memberikan pengalaman baru untuk anak, melatih keberanian, kreatifitas dalam penggunaan bahasa. 3 Hasil dari kegiatan bercerita dengan menggunakan media buku kartun bergambar pada kelompok B 3 yang berjumlah 25 anak dinyatakan berhasil, 4 anak mulai berkembang, 8 anak berkembang sesuai harapan dan 13 anak yang berkembang sangat baik.
Implementasi dari kemampuan bahasa anak melalui buku kartun bergambar sangat dapat digunakan disekolah