PENANAMAN NILAI KARAKTER ANAK USIA 5 - 6 TAHUN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR DI TK GALUH PERTIWI
Categorie(s):
Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
ERIN MAHESA
Tahun:
2023
NIM Mahasiswa:
19306021010
Nama Mahasiswa:
ERIN MAHESA
Nama Penulis:
ERIN MAHESA
Item Type:
Skripsi
Additional Info:
Skripsi mahasiswa
Keyword(s):
Penanaman Nilai Karakter, Gobak Sodor
Abstract :
Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk menganalisis penanaman nilai karakter melalui permainan tradisional gobak sodor di TK Galuh Pertiwi Desa Tambusai Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriftif. Penelitian ini kualitatif digunakan untuk menjelaskan data dari hasil penelitian dan menggambarkan apa adanya tentang Penanaman Nilai Karakter anak usia 5-6 tahun melalui permainan tradisional gobak sodor di TK Galuh Pertiwi Desa Tambusai Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten
Kampar. Informan penelitian ini adalah 3 orang guru dan 1 wali murid dengan subjek sebanyak 15 orang siswa. Peneliti melakukan 3 kali permainan gobak sodor kepada siswa, dengan perencanaan disusun dan dirancang secara sistematis kemudian dianalisis secara kualitatif deskriftif setelah melakukan wawancara dan observasi di lapangan, kemudian hasil observasi dan wawancara dianalisis selanjutnya disajikan dalam bentuk laporan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa perkembangan nilai karakter siswa di TK
Galuh Pertiwi Desa Tambusai Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar mengalami peningkatan setelah melakukan beberapa kali permainan tradisional gobak sodor. Peran guru dan orangtua dalam membimbing anak sangat penting, gobak sodor hanya menjadi media pembelajaran bagi siswa untuk mengasah nilai nilai karakter. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang efektivitas permainan tradisional Gobak Sodor sebagai alat untuk penanaman nilai karakter pada anak usia dini. Penelitian ini berhasil menunjukkan hasil yang positif, implikasinya dapat sangat berarti dalam pendidikan karakter anak. Permainan tradisional Gobak Sodor dapat dianggap sebagai alternatif pendekatan yang menyenangkan dan efektif dalam mengembangkan karakter anak seiring dengan pendidikan formal yang mereka terima di sekolah.
Kampar. Informan penelitian ini adalah 3 orang guru dan 1 wali murid dengan subjek sebanyak 15 orang siswa. Peneliti melakukan 3 kali permainan gobak sodor kepada siswa, dengan perencanaan disusun dan dirancang secara sistematis kemudian dianalisis secara kualitatif deskriftif setelah melakukan wawancara dan observasi di lapangan, kemudian hasil observasi dan wawancara dianalisis selanjutnya disajikan dalam bentuk laporan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa perkembangan nilai karakter siswa di TK
Galuh Pertiwi Desa Tambusai Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar mengalami peningkatan setelah melakukan beberapa kali permainan tradisional gobak sodor. Peran guru dan orangtua dalam membimbing anak sangat penting, gobak sodor hanya menjadi media pembelajaran bagi siswa untuk mengasah nilai nilai karakter. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang efektivitas permainan tradisional Gobak Sodor sebagai alat untuk penanaman nilai karakter pada anak usia dini. Penelitian ini berhasil menunjukkan hasil yang positif, implikasinya dapat sangat berarti dalam pendidikan karakter anak. Permainan tradisional Gobak Sodor dapat dianggap sebagai alternatif pendekatan yang menyenangkan dan efektif dalam mengembangkan karakter anak seiring dengan pendidikan formal yang mereka terima di sekolah.