MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN MELIPAT KERTAS BERBAGAI BENTUK SEDERHANA DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL RANTING SELATPANJANG TIMUR
Categorie(s):
Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
EFA WINARNI
Tahun:
2023
NIM Mahasiswa:
19306021031
Nama Mahasiswa:
EFA WINARNI
Nama Penulis:
EFA WINARNI
Item Type:
Skripsi
Additional Info:
Skripsi mahasiswa
Keyword(s):
Motorik Halus Anak, Kegiatan Melipat Kertas
Abstract :
Kemampuan motorik halus pada anak dikelompok kelas B3 di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Ranting Selatpanjang Timur yang masih rendah hal ini terlihat pada kegiatan melipat kertas dimana anak belum mampu melipat 1 sampai 5 lipatan, belum mampu meniru lipatan dengan baik, anak melakukan kegiatan melipat kertas minta bantuan sehingga membuat anak tidak bersemangat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) untuk mendeskripsikan penerapan kegiatan melipat kertas berbagai bentuk sederhana dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak, (2) Untuk mengetahui tingkat kemampuan motorik halus anak dalam melalui kegiatan melipat kertas berbagai bentuk sederhana. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B3 Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Ranting Selatpanjang Timur. Objek dalam
penelitian ini adalah peningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan
melipat kertas. Instrumen dalam penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan alat bantu lembar observasi dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : Hasil penelitian diperoleh hasil siklus 1 pada pertemuan 1 dan 2 anak yang memiliki kemampuan motorik halus anak dengan standar penilaian belum berkembang menjadi (60%), mulai berkembang (55%),
berkembang sesuai harapan meningkatkan menjadi (60%), berkembang sangat baik (25%) dan pada siklus II pertemuan 1 dan 2 terdapat anak yang belum berkembang (15%), mulai berkembang (45%), berkembang sesuai harapan (75%), dan berkembang sangat baik (65%) dengan hasil tersebut menujukkan bahwa penelitian ini berhasil karena telah mencapai target indikator penelitian.
penelitian ini adalah peningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan
melipat kertas. Instrumen dalam penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan alat bantu lembar observasi dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : Hasil penelitian diperoleh hasil siklus 1 pada pertemuan 1 dan 2 anak yang memiliki kemampuan motorik halus anak dengan standar penilaian belum berkembang menjadi (60%), mulai berkembang (55%),
berkembang sesuai harapan meningkatkan menjadi (60%), berkembang sangat baik (25%) dan pada siklus II pertemuan 1 dan 2 terdapat anak yang belum berkembang (15%), mulai berkembang (45%), berkembang sesuai harapan (75%), dan berkembang sangat baik (65%) dengan hasil tersebut menujukkan bahwa penelitian ini berhasil karena telah mencapai target indikator penelitian.