MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN AL-QURAN (JUZ AMMA) PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELAUI METODE MUROJAAH DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL CABANG SELATPANJANG
Categorie(s):
Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
HAZIRAH
Tahun:
2023
NIM Mahasiswa:
19306021024
Nama Mahasiswa:
HAZIRAH
Nama Penulis:
HAZIRAH
Item Type:
Skripsi
Additional Info:
Skripsi mahasiswa
Keyword(s):
Kemampuan menghafal al-qur’an (juz amma) metode muroja’ah,dan anak kelompok A
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghafal AlQuran (Juz Amma) pada anak usia 4-5 tahun melalui metode murojaah pada
kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Cabang Selatpanjang. Penelitian ini
dilatar belakangi oleh kemampuan menghafal Al-Quran (Juz Amma) pada anak TK Kelompok A yang masih rendah setorannya dan kegiatan menghafal Al-Quran hanya menggunakan surah di Juz 30 atau Juz Amma dan buku setoran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan peneliti sebagai guru yang meneliti langsung dengan tahapan Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Penelitian dilaksanakan dibulan Mei 2023 yang dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan tatap muka. Subjek penelitian adalah siswa kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal yang berjumlah 25 orang terdiri dari 10 anak laki-laki dan15 anak perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan menghafal al-quran (juzamma) melalui metode morojaah. Merode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis datayang digunakan menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data
penelitian menunjukkan presentase rata-rata kemampuan menghafal al-quran (juz amma) pada pra tindakan sebesar 42, 13% meningkat 11.26% pada siklus I menjadi 53,75% dan meningkat kembali 29,38% pada siklus II menjadi 83.13%. Peningkatan presentase rata-rata dari pra tindakan ke siklus II memcapai 33,63%. Peningkatan ini terjadi karena langkah-langkah pembelajaran menggunakan penerapan metode murojaah, yang artinya terdapat peningkatan kemampuan menghafal Al-Quran melalui metode murojaah pada anak. Hasil ini terlihat dari siklus II dengan katagori kriteria BSB (Berkembang Sangat Baik).
kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Cabang Selatpanjang. Penelitian ini
dilatar belakangi oleh kemampuan menghafal Al-Quran (Juz Amma) pada anak TK Kelompok A yang masih rendah setorannya dan kegiatan menghafal Al-Quran hanya menggunakan surah di Juz 30 atau Juz Amma dan buku setoran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan peneliti sebagai guru yang meneliti langsung dengan tahapan Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Penelitian dilaksanakan dibulan Mei 2023 yang dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan tatap muka. Subjek penelitian adalah siswa kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal yang berjumlah 25 orang terdiri dari 10 anak laki-laki dan15 anak perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan menghafal al-quran (juzamma) melalui metode morojaah. Merode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis datayang digunakan menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data
penelitian menunjukkan presentase rata-rata kemampuan menghafal al-quran (juz amma) pada pra tindakan sebesar 42, 13% meningkat 11.26% pada siklus I menjadi 53,75% dan meningkat kembali 29,38% pada siklus II menjadi 83.13%. Peningkatan presentase rata-rata dari pra tindakan ke siklus II memcapai 33,63%. Peningkatan ini terjadi karena langkah-langkah pembelajaran menggunakan penerapan metode murojaah, yang artinya terdapat peningkatan kemampuan menghafal Al-Quran melalui metode murojaah pada anak. Hasil ini terlihat dari siklus II dengan katagori kriteria BSB (Berkembang Sangat Baik).