PENGARUH METODE BERNYANYI RELIGI TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI AGAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MENARA QURAN PUJUD KAB. ROKAN HILIR

Categorie(s):
   Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
   NUR’AINI
Tahun:
   2023
NIM Mahasiswa:
 19306021004
Nama Mahasiswa:
 Nur’aini
Nama Penulis:
 Nur’aini
Item Type:
 Skripsi
Additional Info:
 Skripsi mahasiswa
Keyword(s):
Metode Bernyanyi Religi, Perkembangan Nilai Agama, Anak Usia Dini
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bernyanyi religi terhadap perkembangan nilai agama anak usia 5-6 Tahun di TK Menara Quran Pujud Kab. Rokan Hilir. Jenis penelitian yakni kuantitatif model true eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak anak usia 5-6 tahun kelas B1 dan B2 di TK Menara Quran Pujud berjumlah 24 anak. Menentukan sampel penelitian ini menggunakan tekhnik total sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan mengambil seluruh jumlah populasi. Sehingga sampel dalam penelitian ini terdiri 2 kelas dengan jumlah 24 anak. Hasil penelitian yakni metode bernyanyi religi berpengaruh terhadap perkemebangan nilai agama anak usia 5-6 tahun di TK Menara Quran Pujud, hal ini di buktikan hasil t hitung > t tabel, (7,503 > 2,200) dan signifikansi < 0.05 (0.000 < 0.05), maka Ho ditolak Ha diterima. Pengaruh tersebut juga ditandai dengan adanya perbedaan pada perkembangan nilai agama anak antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen yang dimana kelas
eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Keefektifan pengaruh yang diberikan berada pada ketagori cukup efektif yakni mencapai 63,3%. Kesimpulan penelitian yakni terdapat pengaruh metode bernyanyi religi terhadap perkembangan nilai agama anak Usia 5-6 tahun di TK Menara Quran Pujud Kab Rokan Hilir. Artinya ketika semakin baik penggunaan metode bernyanyi religi diterapkan maka semakin baik perkembangan nilai agama anak.