MENINGKATKAN PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK MENGGUNAKAN GAMBAR YANG BERVARIASI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SUNGAI TOHOR

Categorie(s):
   Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
   NURUL HIDAYAH
Tahun:
   2023
NIM Mahasiswa:
 19306021019
Nama Mahasiswa:
 NURUL HIDAYAH
Nama Penulis:
 NURUL HIDAYAH
Item Type:
 Skripsi
Additional Info:
 Skripsi mahasiswa
Keyword(s):
Motorik kasar, Permainan engklek menggunakan gambar yang bervariasi
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan fisik motoric kasar anak usia 5-6 tahun melalui permainan tradisional engklek menggunakan gambar yang bervariasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek yang di ambil untuk penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di kelas B yang terdiri dari 13 anak di TK Aisyiyah Busthanul Athfal Sungai tohor. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melaui
lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan untuk memperoleh data melaui siklus 1 terdiri dari 2 pertemuan dan siklus 11 terdiri dari 2 pertemuan adalah dengan menggunakan rumus persentase = f/n x100%. Hasil penelitian data yang diperoleh kemampuan anak dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar melaui permainan tradisional engklek menggunakan gambar yang bervariasi, hal ini terlihat dari data awal atau sebelum tindakan adalah 16% (Mulai Berkembang) MB dan meningkat pada siklus 1 dengan katagori BSH (Berkembang Sesuai Harapan) namun dengan rata-rata yang lebih meningkat yaitu siklus 1 P1=70% siklus 1 P2=77% dan rata-rata =74% dan pada siklus 11 mengalami peningkatan dengan katagori BSB (Berkembang Sangat Baik) siklus 11 P1=81% dan siklus 11 P2=88% dengan rata-rata 84,5% jadi peningkatan motorik anak dari data awal 61% ke data siklus 11 88%, terjadi peningkatan sebanyak 27%