MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE PROYEK DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL RANTING SELATPANJANG TIMUR

Categorie(s):
   Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
   Rusmawati
Tahun:
   2023
NIM Mahasiswa:
 19306021027
Nama Mahasiswa:
 Rusmawati
Nama Penulis:
 Rusmawati
Item Type:
 Skripsi
Additional Info:
 Skripsi mahasiswa
Keyword(s):
Kemampuan Sosial, Metode Proyek
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan kegiatan dalam meningkatkan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun melalui metode proyek di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Ranting Selatpanjang Timur. (2) Meningkatkan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun melalui metode proyek di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Ranting Selatpanjang Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif dengan pendekatan kualitatif jenisnya tindakan penelitian kelas (PTK), yang dilaksanakan beberapa tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus tindakan yang saling berkaitan. Satu siklus terdiri dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian meliputi teknik observasi, wawancara dan teknik studi dokumentasi yang diperoleh dari subjek penelitian terdiri dari 25 orang anak. Hasil penelitan dalam meningkatkan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun melalui metode proyek pada siklus I anak yang belum berkembang (BB) 40%, anak yang mulai berkembang (MB) 40% dan anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) 20%. Pada siklus ke II, terjadi peningkatan yang anak yang belum berkembang (BB) 0%, anak yang mulai berkembang (MB) 0% dan anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) 30%,anak yang berkembang sangat baik (BSB) 70% .