UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI (MENGENAL HURUF) ANAK MELALUI MEDIA ANIMAL ALFHABETH PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL PKL KERINCI
Categorie(s):
Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
Sri Dahliani
Tahun:
2023
NIM Mahasiswa:
19306021015
Nama Mahasiswa:
SRI DAHLIANI
Nama Penulis:
SRI DAHLIANI
Item Type:
Skripsi
Additional Info:
This research aims to improve literacy skills (letter recognition) in children aged 5-6 through the use of Animal Alphabet media at TK Aisyiyah Busthanul Atfhal in Kerinci. The research type is Classroom Action Research (CAR). The research subjects include all children aged 5-6 at TK Aisyiyah Bustanul Athfal in Pangkalan Kerinci, totaling 14 children. Data collection techniques include observation and documentation. Based on the research results, it can be concluded that the improvement in children's letter recognition literacy skills through the Animal Alphabet media at the age of 5-6 at TK ABA Pangkalan Kerinci has improved significantly in each action. Before the cycle, children's literacy skills in recognizing letters only reached 41.52% with the MB category, while after the first cycle of action, the ability to recognize letters increased to 53.17%, and further increased in the second cycle to 77.05% with the BSH category. Additionally, the improvement in letter recognition literacy skills in children aged 5-6 at TK ABA Pangkalan Kerinci through the Animal Alphabet media increased by 228.06% from before the cycle to the first cycle, and there was a 44.92% increase from the first cycle to the second cycle, with an overall increase of 85.59% from before the cycle to the second cycle. These results demonstrate significant improvements in letter recognition literacy skills in each cycle.
Keyword(s):
Literasi Awal Mengenal Huruf, Media Animal Alphabet, Anak Usia Dini
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi (mengenal huruf) melalui media animal alfhabet pada anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Busthanul Atfhal Pkl Kerinci. Jenis penelitian yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh anak anak usia 5-6 tahun TK ABA Pangkalan Kerinci berjumlah 14 anak. Teknik pengumpulan data menggunakann observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Peningkatan kemampuan literasi mengenal huruf anak melalui media animal alphabet pada anak usia 5-6 tahun di TK ABA Pangkalan Kerinci meningkat baik pada setiap tindakannya, sebagaimana sebelum siklus kemampuan literasi anak hanya mencapai 41,52% dengan kategori MB sedangkan setelah dilakukan tindakan pada siklus I kemampuan literasi mengenal huruf anak meningkat menjadi 53,17% dan kembali meningkat pada siklus II mencapai 77,05% dengan kategori BSH. Selanjutnya, Peningkatan kemampuan literasi mengenal huruf anak usia 5-6 tahun di TK ABA Pangkalan Kerinci melalui media animal alphabet yakni meningkat sebesar 228,06% dari sebelum siklus ke siklus I, sedangkan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 44,92%, serta peningkatan dari sebelum siklus ke siklus II meningkat sebesar 85.59%. Hasil ini menunjukan setiap siklusnya mengalami peningkatan yang cukup besar pada kemampuan literasi mengenal huruf pada anak.