PENGARUH KESIAPAN, MINAT DAN MOTIVASI TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF KEWIRAUSAAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU

Categorie(s):
   Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
   FITRI YANTI
Tahun:
   2023
NIM Mahasiswa:
 19306011013
Nama Mahasiswa:
 FITRI YANTI
Nama Penulis:
 FITRI YANTI
Item Type:
 Skripsi
Additional Info:
 Skripsi mahasiswa
Keyword(s):
Kesiapan, Minat, Motifasi dan Keaktifan Belajar Siswa
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh kesiapan belajar terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru, (2)Pengaruh Minat Belajar terhadap Keaktifan Belajar Siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru, (3) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Keaktifan Belajar Siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru dan (4) pengaruh kesiapan, minat dan motivasi belajar terhadap keaktifan siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari 4 variabel yaitu 3 variabel bebas (Independen) adalah kesiapan belajar, minat belajar dan motivasi belajar siswa. Sedangkan variabel terikat (Dependent) dalam penelitian ini adalah keaktifan belajar siswa di SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Populasi sebanyak 107 siswa sampel penelitian ini sebanyak 50 pengambilan sampel dilakukan dengan cara Proportionate stratified random sampling pengumpulan data menggunakan metode Observasi, Anket dan Dokumentasi Teknik analisis data yang digunakan Analisis deskriptif , Uji Asumsi Klasik dan Hipotesis.Hasil penelitian ini adalah: (1) Kesiapan Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru pada Uji signifikansi menggunakan uji t diperoleh nilai thitung 5,675 lebih besar dari pada nilai ttabel 2,012 pada taraf signifikansi 5% (2) Minat Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru pada Uji signifikansi menggunakan uji t diperoleh nilai thitung 9,957 lebih besar dari pada nilai ttabel 2,012 pada taraf signifikansi 5%. (3) Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru pada Uji signifikansi menggunakan uji t diperoleh nilai thitung 6,736 lebih besar dari pada nilai ttabel 2,012 pada taraf signifikansi 5% (4) Kesiapan, Minat dan Motivasi Belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru pada Uji signifikansi menggunakan uji F diperoleh nilai Fhitung 54,100 lebih besar daripada nilai Ftabel 2,41 pada taraf signifikansi 5%.