PENGARUH KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH (MA) MUHAMMADIYAH PEKANBARU

Categorie(s):
   Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
   ISMY WIDYA OKTARIZA
Tahun:
   2023
NIM Mahasiswa:
 19306011006
Nama Mahasiswa:
 Ismy Widya Oktariza
Nama Penulis:
 Ismy Widya Oktariza
Item Type:
 Skripsi
Additional Info:
 Skripsi mahasiswa
Keyword(s):
Keterampilan Metakognitif, Motivasi, Hasil Belajar
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh keterampilan metakognitif dan motivasi terhadap hasil belajar siswa di MA Muhammadiyah Pekanbaru. penelitian ini menjadi penting karena dapat memberikan wawasan tentang cara meningkatkan kualitas pendidikan dan hasil belajar siswa, serta membantu memahami keterampilan metakognitif dan motivasi dalam proses belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang dilakukan di MA Muhammadiyah Pekanbaru teknik pengumpulan data dengan menggunakan angketdari hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa besarnya nilai kolerasi atau besarnya niali hubungan antara variabel X1 keterampilan metakognitif dan X2 motivasi kepada Y hasil belajar adalah sebesar 68,1%. Sedangkan jika di lihat dari masing-masing variable terlihat bahwa metakognitif terbukti tidak memberi pengaruh kepada hasil belajar siswa yang mana ini dapat dibuktikan dengan capaian sebesar 19,51% sedangkan pada motivasi sendiri yang didapat adalah sebesar 29,94% yang aritinya motivasi memberi pengaruh kepada hasil belajar siswa, dan dalam penelitian ini tingkat simultan pengaruh yang diberikan antara variable metakognitif dan motivasi sebesar atau 133,78% terhadap hasil belajar.dapat kita ketahui bahwa semua penelitian menunjukan hasil pengaruh yang positif meski dalam penelitian ini metakognitif tidak memberi pengaruh yang besar atau tidak cukup mempengaruhi hasil pembelajaran kali ini, sedangkan untuk motivasi sendiri nampak memberi pengaruh pada hasil belajar dengan hasil perolehan persentasi. Dengan kata lain, meskipun siswa memiliki potensi dan motivasi yang tinggi, masih ada hambatan atau tantangan yang menyebabkan hasil belajar mereka tidak mencapai tingkat yang diharapkan. Temuan ini dapat menjadi titik awal untuk mendalami faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa dan mengembangkan strategi pendidikan yang lebih efektif untuk membantu mereka mencapai potensi penuh mereka.