PENGARUH PENERAPAN METODE TEAM QUIZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU
Categorie(s):
Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
NINA MAHARANI
Tahun:
2023
NIM Mahasiswa:
18306021013
Nama Mahasiswa:
NINA MAHARANI
Nama Penulis:
NINA MAHARANI
Item Type:
Skripsi
Additional Info:
Skripsi mahasiswa
Keyword(s):
Team Quiz, Motivasi Belajar
Abstract :
Tujuan penelitian ini secara umum adalah Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode team quiz terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1. Penelitian ini data dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada siswa masing-masing kelas dengna rincian kelas kontrol 30 siswa dan kelas eksperimen 30 siswa. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Pengolahan data menggunakan program komputer SPSS series 25 Analisis kuantitatif melalui uji t yaitu uji hipotesis yaitu uji t Paired Samples t Test. Perbandingan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan metode team quis baik dari hasil skor interval yang mengalami kenaikan, dan nilai rata-rata pada Posttest mengalami kenaikan. Jika sebelum penerapan media kancing huruf nilai minimum sebesar 53 dan nilai maksimum sebesar 81 terjadi kenaikan setelah penerapan metode team quis dimana nilai minimum sebesar 72 dan nilai maksimum sebesar 84. berdasarkan hasil perhitungan uji t menunjukkan angka signifikan 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 dengan demikian Ha diterima, artinya terdapat perbedaan antara motivasi belajar siswa di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru sebelum diberi perlakuan dengan dan sesudah diberi perlakuan dengan menggunakan menggunakan metode team quis