ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PT MATAHARI PUTRA PRIMA (STUDI KASUS HYPERMART SKA)

Categorie(s):
   Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
   PUTRI GUSTINA
Tahun:
   2023
NIM Mahasiswa:
 19306011009
Nama Mahasiswa:
 PUTRI GUSTINA
Nama Penulis:
 PUTRI GUSTINA
Item Type:
 Skripsi
Additional Info:
 Skripsi mahasiswa
Keyword(s):
Keputusan Pembelian, Konsumen, Kualitas Produk, Harga, Promosi, PT Matahari Putra Prima, Hypermart SKA, Penelitian Deskriptif, Pendekatan Kuantitatif.
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di PT Matahari Putra Prima (Hypermart SKA). Perkembangan usaha yang pesat dan semakin selektifnya konsumen dalam memilih produk menuntut perusahaan untuk memahami kebutuhan dan keinginan konsumen. Dalam menghadapi persaingan, perusahaan dituntut untuk menyesuaikan usahanya terhadap perubahan lingkungan serta memaksimalkan sumber daya untuk mencapai keberhasilan yang diinginkan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian terdiri dari tiga faktor utama yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, yaitu kualitas produk, harga, dan promosi. Kualitas produk menjadi faktor yang penting karena menentukan kepuasan dan kesan konsumen terhadap produk yang dibeli. Harga produk juga memiliki peran signifikan dalam keputusan pembelian, karena konsumen akan membandingkan harga dengan nilai produk yang diperoleh. Selain itu, promosi juga memengaruhi keputusan pembelian dengan memberikan informasi dan insentif kepada konsumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, harga, dan promosi memiliki pengaruh yang signifikan sebesar 0,000 < 0, 050. Tingkat singnifikat tersebut lebih kecil dari 0,05 yang berati bahwa hipotesis dalam penelitian ini signifikat terhadap keputusan pembelian konsumen di Hypermart SKA. Tingkat penjualan di toko ini mengalami fluktuasi, namun kegiatan promosi yang kurang optimal menyebabkan konsumen kebanyakan tidak mengetahui adanya potongan harga atau diskon dari pihak Hypermart. Meskipun perusahaan melakukan pengecekan kualitas produk yang masuk dari supplier, masih terdapat produk rusak yang mempengaruhi persepsi konsumen tentang kualitas produk di toko.