PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA PRODI PG-PAUD TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI KOTA PEKANBARU
Categorie(s):
Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
JULIANA
Tahun:
2024
NIM Mahasiswa:
20306021010
Nama Mahasiswa:
JULIANA
Nama Penulis:
JULIANA
Item Type:
Skripsi
Additional Info:
Skripsi mahasiswa
Keyword(s):
Persepsi Mahasiswa Prodi PG-PAUD, Implementasi Kurikulum Merdeka
Abstract :

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mengungkapkan, dan mendeskripsikan tentang pengaruh positif persepsi mahasiswa PAUD terhadap implemetasi kurikulum merdeka PAUD. Penelitian ini data dikumpulkan melalui penyebaran angket dalam bentuk google form dan dengan rincian populasi jumlah responden sebanyak 30 orang. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Pengolahan data menggunakan program komputer SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) versi 26. Berdasarkan hasil Uji F dan koefisien determinasi (R) pada penelitian ini, diperoleh nilai Fhitung (1534,720) Ftabel (4,196), nilai signifikansi (0,000^a) < 0,05, dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,991 (99,1%). Ini berarti bahwa model yang digunakan dalam penelitian ini adalah layak. Oleh karena itu variabel independen yaitu Persepsi Mahasiswa (X) memiliki kemampuan sebesar 99,1% untuk variabel dependen yaitu Implementasi Kurikulum Merdeka (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi Mahasiswa PAUD berpengaruh positif terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka PAUD, menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa PAUD serta pengajaran, pembelajaran, dan pemahaman kurikulum PAUD yang baik sangat penting dan merupakan faktor kunci dalam mendukung keberhasilan implementasi kurikulum merdeka PAUD secara efektif. Mahasiswan PAUD, perlu meningkatkan pemahaman dan persepsi yang baik terhadap kurikulum merdeka PAUD, aktif dalam mengikuti program-program yang dapat meningkatkan pemahaman mengenai kurikulum merdeka, dan menerapkan pemahaman dan persepsi yang baik terhadap kurikulum merdeka dalam praktik pembelajaran di lapangan.