PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI MA MUHAMMADIYAH PEKANBARU

Categorie(s):
   Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
   Sukma Setia Ningsih
Tahun:
   2024
NIM Mahasiswa:
 20306011015
Nama Mahasiswa:
 Sukma Setia Ningsih
Nama Penulis:
 Sukma Setia Ningsih
Item Type:
 Skripsi
Additional Info:
 Skripsi mhasiswa
Keyword(s):
Hasil Belajar, Strategi pembelajaran learning start with a question (LSQ)
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar setelah dilakukannya penerapan strategi pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) terhadap hasil belajar siswa pada materi Lembaga Keuangan (bank) mata pelajaran Ekonomi dikelas X MA Muhammadiyah Pekanbaru. Subjek dalam penelitian adalah 33 siswa. Pengumpulan data dilakukan berasal dari soal posttest yang di berikan kepada siswa di kelas kontrol dan kelas Eksperimen. Hasil belajar yang di peroleh pada saat melakukan penelitian yaitu nilai mean sebesar 71,76 sedangkan untuk kelas eksperimen di peroleh mean sebesar 76,25. Dengan demikian dari nilai rata-rata yang diperoleh dari kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa strategi LSQ lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan. Pada uji normalitas, data yang diperoleh tidak berdistribusi normal sehingga peneliti mengolah data dengan menggunakan uji nonparametrik yang memperoleh hipotesis bahwa nilai yang telah diolah sebesar 0,601>0,05 menunjukkan bahwa Ha ditolak dan H0 diterima. Artinya tidak terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara penggunaan strategi pembelajaran LSQ dan konvensional.