UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRA MEMBACA AWAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN APLIKASI YOUTUBE KIDS DI TK NEGERI PERMATA BUNDA KEC KUNTO DARUSSALAM KAB ROHUL

Categorie(s):
   Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
   YETI ARIYANI
Tahun:
   2025
NIM Mahasiswa:
 21306021062
Nama Mahasiswa:
 YETI ARIYANI
Nama Penulis:
 YETI ARIYANI
Item Type:
 Skripsi
Additional Info:
 Skripsi mahasiswa
Keyword(s):
Pra Membaca, Aplikasi, Youtube Kidz
Abstract :
Youtube kids merupakan aplikasi edukasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran serta menumbuhkan minat belajar anak melalui konten atau video yang menarik perhatian anak. Youtube kids adalah aplikasi edukasi yang digunakan untuk anak-anak dibawah usia 13 tahun supaya anak-anak tidak menonton atau membuka konten yang tidak sesuai dengan usianya sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. YouTube kids pun memiliki pengaturan yang dapat digunakan oleh orang tua agar dapat mengawasi anak dalam memilih konten yang sesuai dengan usianya yang dapat digunakan sebagai media belajar membaca dan menulis. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan aplikasi youtube kids dalam meningkatkan kemampuan pra membaca awal anak usia 5-6 tahun TK Negeri Permata Bunda Kec Kunto Darussalam Kab. Rohul dan untuk mengetahui apakah dengan penggunaan aplikasi youtube kids dapat meningkatkan kemampuan pra membaca awal anak usia 5-6 tahun TK Negeri Permata Bunda Kec Kunto Darussalam Kab. Rohul. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Menurut Iskandar (2021:21) PTK adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru atau bersama-sama dengan orang lain (kolaborasi) yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan hasil pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun teknik dan alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukukan oleh peneliti, diperoleh, bahwa dapat dikatakan kemampuan pra membaca awal anak anak di TK Negeri Permata Bunda Kec Kunto Darussalam Kab Rohul mengalami peningkatan sangat baik. Dimana pada data awal atau pra tindakan diperoleh persentase rata-rata kemampuan pra membaca awal anak-anak sebesar 25%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 49,53% dan pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu mencapai 80,00%. Ini sudah mencapai peningkatan sesuai dengan yang ditentukan oleh peneliti dan guru yaitu sebesar 75%.