PENGARUH KEGIATAN OUTBOUND TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI TK PERTIWI KOTA PEKANBARU
Categorie(s):
Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
YONALIZA
Tahun:
2025
NIM Mahasiswa:
22306022133
Nama Mahasiswa:
YONALIZA
Nama Penulis:
YONALIZA
Item Type:
Skripsi
Additional Info:
Skripsi mahasiswa
Keyword(s):
Kegiatan Outbound, Motivasi belajar, Anak Usia Dini
Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh kegiatan outbound terhadap motivasi belajar anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) pada kelompok B3 usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Kota Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-postest design. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas B3 dengan jumlah sampel 14 anak. Instrument penelitian menggunakan pedoman observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deksriptif digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari anak-anak usia dini yang mengikuti kegiatan outbound di sekolah PAUD TK Pertiwi kota Pekanbaru.. Adapun cara pengambilan data pada penelitian ini mnggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji statistik yang relevan untuk melihat perbedaan signifikan antara kelompok outbound (eksperimen) dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari kegiatan outbound terhadap motivasi belajar anak PAUD. Kelompok anak PAUD yang mengikuti outbound menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam tingkat motivasi belajar mereka dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak mengikuti kegiatan serupa. Penemuan ini memberikan dukungan empiris bagi efektivitas kegiatan outbound dalam meningkatkan motivasi belajar anak-anak PAUD di TK Pertiwi Kota Pekanbaru. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa kegiatan non-formal seperti outbound dapat menjadi salah satu pendekatan yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran ditingkat PAUD.