IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI DI KELAS XI MPLB SMK MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU

Categorie(s):
   Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
   WULANDARI
Tahun:
   2024
NIM Mahasiswa:
 20306011019
Nama Mahasiswa:
 WULANDARI
Nama Penulis:
 WULANDARI
Item Type:
 Skripsi
Additional Info:
 Skripsi Mahasiswa
Keyword(s):
Project Based Learning (PjBL) , hasil Belajar, korespondensi
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Metode penelitian dalam yaitu metode eksperimen dengan desain penelitian Pre-Eksperimental Design bentuk One Group Pretest-Postest. Populasi Penelitian ini adalah siswa kelas XI Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan datanya menggunkan tes proyek dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan uji t dengan = 0,05. Hasil analisis data hasil belajar nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru