PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG MATA PELAJARAN EKONOMI DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 02 TAPUNG HILIR
Categorie(s):
Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
Nurlaily Istiqomah
Tahun:
2024
NIM Mahasiswa:
19306011008
Nama Mahasiswa:
Nurlaily Istiqomah
Nama Penulis:
Nurlaily Istiqomah
Item Type:
Skripsi
Additional Info:
Skripsi Mahasiswa
Keyword(s):
Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran Ekonomi. Keaktifan Belajar, Prestasi Belajar
Abstract :

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lebih separuh siswa mencapai prestasi belajar tidak mencapai KKM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara persepsi siswa tentang mata pelajaran Ekonomi dan keaktifan belajar dengan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 02 Tapung Hilir. Jenis penelitian yakni kuantitatif model analisis regresi linier berganda. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa/i XII IPS SMA Negeri 02 Tapung Hilir yang berjumlah 105 siswa terdiri dari 3 kelas. Menentukan sampel penelitian ini menggunakan tekhnik Proportional Random Sampling yaitu teknik sampling yang dilakukan dengan mengambil wakil dari setiap unit yang terdapat dalam populasi. Sehingga sampel dalam penelitian ini yakni 83 siswa. Hasil penelitian yakni persepsi siswa tentang mata pelajaran Ekonomi berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMAN 2 Tapung Hilir, selanjutnya keaktifan belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar di SMAN 2 Tapung Hilir dan juga persepsi siswa tentang mata pelajaran Ekonomi dan keaktifan belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMAN 2 Tapung Hilir, Sebagaimana besarnya kontribusi yang diberikan sebesar 41,9% dan sisanya 58,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas pada penelitian ini