PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI MTS JAMI Al-KAUTSAR
Categorie(s):
Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
DIAH SANTIKA
Tahun:
2024
NIM Mahasiswa:
20306011006
Nama Mahasiswa:
DIAH SANTIKA
Nama Penulis:
DIAH SANTIKA
Item Type:
Skripsi
Additional Info:
Skripsi mahasiswa
Keyword(s):
Strategi Pembelajaran The Power Of Two, Aktivitas Belajar Siswa
Abstract :

Penelitian ini menganalisis pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe the power of two terhadap aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IX di Mts Jami Al- Kautsar Kijang Makmur Kab. Kampar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran akif tipe the power of two pada pembelajaran IPS kelas IX di Mts Jami Al-Kautsar Kijang Makmur, kemudian untuk mengetahui Pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe the power of two terhadap aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IX di Mts Jami Al-Kautsar Kijang Makmur.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design (nondesgin). Dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Peneliti menggunakan teknik sampling jenuh sering dilakukan bila jumlah populasi relative kecil, kurang dari 30 orang. Populasi Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX di Mts Jami Al-Kautsar Kijang Makmur yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah 28 siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial.Hasil Penelitian deskriptif menujukan bahwa 1. Aktivitas belajar siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe the power of two pada pembelajaran IPS kelas IX di Mts Jami Al-Kaustar Kijang Makmur berada pada katagori sangat tinggi dengan rata-rata 58,72, dibandingkan sebelum menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe the power of two berada pada katagori sedang dengan rata-rata 45,82. 2. Hasil analisis inferensial data uji hipotesis dengan menggunakan uji beda diperoleh nilai Sign (two-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan uji t dengan perhitungan manual diperoleh nilai t_hitung = 9,862 dan nilai t_tabel = 1,706. Dengan demikian nilai t_hitung > t_tabel, (9,862 > 1,706), hal ini menunjukan bahwa H_a diterima, berarti terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe the power of two yang signifikan terhadap aktivitas belajar siswa kelas IX Mts JamiAl-Kautsar Kijang Makmur.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design (nondesgin). Dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Peneliti menggunakan teknik sampling jenuh sering dilakukan bila jumlah populasi relative kecil, kurang dari 30 orang. Populasi Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX di Mts Jami Al-Kautsar Kijang Makmur yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah 28 siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial.Hasil Penelitian deskriptif menujukan bahwa 1. Aktivitas belajar siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe the power of two pada pembelajaran IPS kelas IX di Mts Jami Al-Kaustar Kijang Makmur berada pada katagori sangat tinggi dengan rata-rata 58,72, dibandingkan sebelum menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe the power of two berada pada katagori sedang dengan rata-rata 45,82. 2. Hasil analisis inferensial data uji hipotesis dengan menggunakan uji beda diperoleh nilai Sign (two-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan uji t dengan perhitungan manual diperoleh nilai t_hitung = 9,862 dan nilai t_tabel = 1,706. Dengan demikian nilai t_hitung > t_tabel, (9,862 > 1,706), hal ini menunjukan bahwa H_a diterima, berarti terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe the power of two yang signifikan terhadap aktivitas belajar siswa kelas IX Mts JamiAl-Kautsar Kijang Makmur.