PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMAN 16 PEKANBARU
Categorie(s):
Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
AWLY RAHMADHANI
Tahun:
2024
NIM Mahasiswa:
20306011005
Nama Mahasiswa:
AWLY RAHMADHANI
Nama Penulis:
AWLY RAHMADHANI
Item Type:
Skripsi
Additional Info:
Skripsi Mahasiswa
Keyword(s):
Penggunaan gadget, minat belajar, hasil belajar.
Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial dan simultan antara pengaruh penggunaan gadget dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa di SMAN 16 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan regresi linier berganda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 16 Pekanbaru. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner untuk mengukur penggunaan gadget dan minat belajar siswa. Hasil belajar siswa diperoleh dari nilai Ulangan Harian (UH) yang telah dicatat oleh guru yang bersangkutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget berpengaruh negatif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan t hitung -2,543 > 1,670 dan nilai signifikansi 0,013 < 0,05, sedangkan minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai t hitung 3,784 > 1,670 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Selain itu, pengujian simultan menunjukkan bahwa kedua faktor ini secara bersamaan mempengaruhi hasil belajar siswa dengan nilai f hitung 7,795 dan signifikansi 0,001 < 0,05 dengan kekuatan pengaruh sebesar 19,8%. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa intensitas penggunaan gadget dan peningkatan minat belajar sangat penting dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Diperlukan strategi untuk mengatur penggunaan gadget secara lebih bijak dan untuk merangsang minat belajar siswa agar dapat mencapai hasil belajar yang lebih baik.