PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH PEKANBARU

Categorie(s):
   Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
   ABI RINATA
Tahun:
   2024
NIM Mahasiswa:
 20306011001
Nama Mahasiswa:
 ABI RINATA
Nama Penulis:
 ABI RINATA
Item Type:
 Skripsi
Additional Info:
 Skrispsi Mahasiswa
Keyword(s):
Giving Question and Getting Answer, model pembelajaran, ekonomi
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Giving Question And Getting Answer (GQGA) terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik, angket, tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan uji t dengan = 0,05. Hasil analisis data keaktifan belajar diperoleh t hitung = 8,524 > t tabel = 2,028 pada taraf kepercayaan 95%, artinya hipotesisi diterima, yang berarti ada pengaruh pemberian Model Pembelajaran GQGA terhadap keaktifan belajar ekonomi siswa. Begitu juga dengan hasil analisis data hasil belajar diperoleh t hitung + 7,403 > t tabel = 2,028 pada taraf kepercayaan 95% artinya hipotesis diterima, yang bearti ada pengaruh Model Pembelajaran GQGA terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Simpulan, penerapan Model Pembelajaran GQGA memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keaktifan dan hasil belajar ekonomi siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah (MAM) Pekanbaru.