Dampak Perilaku Bullying Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini 5-6 Tahun pada Kelompok B1 di TK ABA II Pekanbaru
Categorie(s):
Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
Sri Muharani
Tahun:
2024
NIM Mahasiswa:
22306022131
Nama Mahasiswa:
Sri Muharani
Nama Penulis:
Sri Muharani
Item Type:
Skripsi
Additional Info:
Skripsi Mahasiswa
Keyword(s):
Perilaku, Bullying, Emosional, Anak Usia Dini
Abstract :

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atau mendeskripsikan tentang dampak perilaku bullying terhadap perkembangan emosional anak usia dini 5-6 tahun pada kelompok B1 di TK ABA II Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah sebanyak 9 orang anak di kelompok B1. Hasil penelitian yang penulis lakukan menunjukkan bahwa bentuk-bentuk bullying seperti : bullying fisik, verbal, dan sosial. Faktor penyebab bullying adalah cara bersosialisasi yang salah, dendam, pola asuh, dan contoh dari lingkungan yang tidak baik. Dampak dari bullying yaitu merasa sakit pada tubuh, saling mengejek, mudah marah, agresif, pendiam, tidak percaya diri, sulit fokus dalam belajar dan mengganggu sosial emosional anak. Adapun cara untuk mengatasi perilaku bullying adalah sekolah menindaklanjuti permasalahan yang terjadi, memberitahukan orang tua anak yang terlibat bullying, dan guru memberikan pembelajaran yang berkaitan dengan pengembangan aspek sosial dan emosional pada anak. Saran dalam penelitian ini diharapkan peserta didik dapat memberikan perlawan terhadap pelaku bullying dan memberitahukan kepada guru serta orang tua jika di-bully oleh teman, sedangkan bagi pelaku bullying agar tidak melakukan hal demikian agar semua teman dapat bersekolah dengan nyaman. Selain itu, hendaknya orangtua dan guru lebih memperhatikan perkembangan anak karena orangtua dan guru memiliki peran penting dalam perkembangan emosional mereka, sehingga anak dapat mengembangkan dan meningkatkan motivasi belajarnya dan terhindar dari bullying.