PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS TERHADAP PERKEMBANGAN PERILAKU JATI DIRI ANAK PADA USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA 3 PEKANBARU
Categorie(s):
Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS TERHADAP PERKEMBANGAN PERILAKU JATI DIRI ANAK PADA USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA 3 PEKANBARU
Tahun:
2024
NIM Mahasiswa:
20306021006
Nama Mahasiswa:
SITI NURHALIMAH
Nama Penulis:
SITI NURHALIMAH
Item Type:
Skripsi
Additional Info:
Skripsi Mahasiswa
Keyword(s):
Pola Asuh Demokratis, jati diri
Abstract :

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mengungkapkan mendeskripsikan tenntang pengaruh positif Pola asuh demokratis terhadap perkembanvan perilaku jati diri anak ussia 5-6tahun di Tk negeri pembina 3 pekanbaru. Penelitian ini dapat dikumpulkan melalui penyebaran angket dalam bentuk tertulis dengan rincian populasi responden sebanyak 39 orang.kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Pengolahan data menggunakan program komputer SPSS (statisical package for the social sicience) dengan versi 26. Berdasarkan hasil Uji T dan koefisien determinasj (R) pada penelitian ini diperoleh nilai F hitung (22,258) Ttabel ( (1,687), nilai signifikan (0,000a) < 0,05, dan nilai koefisien determinasi sebesar (0,092) 92%. Ini berarti bahwa model yang digunakan dalam pebelitian ini adalah layak. Oleh karena itu variabel independen yaitu pola asuh demokratis (X) memiliki hubungan sebesar 92% untuk varibael dependen yaitu perkembangan perlikau jati diri anak usia 5-6 tahun (Y). Hasil penelitian menunjukan bahwa pola asuh demokratis berpengaruh positif tehadap perkembangan perilaku jati diri anak. Menunjukan bahwa pola asuh demokratis yang ditandai dengan komunikasi terbuka terhadap kemandirian anak serta dapat memberikan lingkunhan yang kondusif bagi perkembanhan positif anak. Bagi orang tua harus tepat memilih dalam menerapkan pola asuh agar dapat berkembangan secara optimal.