PENERAPAN TEKNIK BERCERITA SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN LITERASI BAHASA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH 7 DURI

Categorie(s):
   Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
   MICE TIWARMAN
Tahun:
   2024
NIM Mahasiswa:
 22306022127
Nama Mahasiswa:
 MICE TIWARMAN
Nama Penulis:
 MICE TIWARMAN
Item Type:
 Skripsi
Additional Info:
 Skripsi Mahasiswa
Keyword(s):
Teknik Bercerita, Literasi Bahasa, Pendidikan Anak Usia Dini, Tk Aisyiyah 7 Duri, Kesadaran Fonem, Pengayaan Kosakata.
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan teknik bercerita sebagai strategi untuk mengembangkan literasi bahasa pada anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah 7 Duri. Dalam penelitian ini menggunakan metode pengamatan, wawancara dengan guru, dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik bercerita sebagai strategi untuk mengembangkan literasi bahasa pada anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah 7 Duri merupakan metode interaktif yang melibatkan penggunaan bahasa yang ekspresif dan menarik perhatian anak. teknik bercerita dapat menjadi metode yang efektif dalam pengembangan literasi bahasa pada anak usia dini, tetapi diperlukan kolaborasi yang lebih aktif antara guru dan orang tua untuk mencapai hasil yang optimal. Penelitian ini menemukan bahwa penerapan teknik bercerita di TK Aisyiyah 7 Duri, yang melibatkan guru terlatih, penggunaan buku cerita yang menarik, dan kegiatan interaktif, berhasil meningkatkan literasi bahasa anak, seperti kemampuan mendengar, memperkaya kosakata, dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Meskipun demikian, tantangan seperti keterlibatan orang tua yang masih minim dan kesulitan anak dalam mengenali fonem serta memahami cerita tetap menjadi hambatan