UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI BAHASA ANAK MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI CANVA DI TK CAHAYA MUTIARA PEKANBARU

Categorie(s):
   Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
   Linda Mora Saumi Pohan
Tahun:
   2024
NIM Mahasiswa:
 22306022126
Nama Mahasiswa:
 Linda Mora Saumi Pohan
Nama Penulis:
 Linda Mora Saumi Pohan
Item Type:
 Skripsi
Additional Info:
 Skripsi Mahasiswa
Keyword(s):
Literasi, Bahasa, Canva
Abstract :
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atau mendeskripsikan tentang cara meningkatan kemampuan literasi bahasa anak menggunakan media pembelajaran aplikasi Canva di TK Cahaya Mutiara Pekanbaru. Jenis penelitian ini yakni penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun populasi dan sampel untuk penelitian ini adalah kelompok B di TK Cahaya Mutiara Pekanbaru tahun ajaran 2023/2024, yang beralamat di Jl. Cipta Karya Perum Griya Cipta, Kota Pekanbaru. Dengan jumlah siswanya sebanyak 16 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran aplikasi Canva dapat meningkatkan kemampuan literasi bahasa pada anak di TK Cahaya Mutiara Pekanbaru. Dengan membuat media pembelajaran yang menarik dapat memotivasi dan menarik minat anak untuk belajar. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil observasi kemampuan literasi bahasa anak dimana pada pra siklus pada interval 21% - 40% (tidak layak) sebanyak 1 anak, dan pada interval 41% - 60% (cukup layak) sebanyak 15 anak. Setelah dilaksanakan tindakan siklus I menunjukkan pada interval 41% - 60% (cukup layak) sebanyak 2 anak, dan pada interval 61% - 80% (layak) sebanyak 14 anak. Kemudian setelah dilaksanakan tindakan siklus II menunjukkan pada interval 61% - 80% (layak) sebanyak 2 anak, dan pada interval 81% - 100% (sangat layak) sebanyak 14 anak. Adapun saran dari peneliti adalah diharapkan semua anak-anak dapat terus aktif dalam kegiatan pembelajaran. Dapat mendengarkan informasi yang diberikan oleh guru dan terus belajar untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan guru terus mengembangkan kreativitasnya dalam membuat inovasi media pembelajaran. Selain itu, guru hendaknya terus belajar memanfaatkan media dan teknologi sehingga dapat menyediakan media pembelajaran yang dapat menarik minat anak.