Meningkatkan Perkembangan Sains Anak Melalui Permainan Rainbow Walking Water (Air Pelangi Berjalan) di TK Pertiwi Kota Pekanbaru

Categorie(s):
   Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
   Hasana Afrida
Tahun:
   2024
NIM Mahasiswa:
  22306022125
Nama Mahasiswa:
 Hasana Afrida
Nama Penulis:
 Hasana Afrida
Item Type:
 Skripsi
Additional Info:
 Skripsi Mahasiswa
Keyword(s):
Perkembangan, Sains, Rainbow Walking Water
Abstract :
Hasil penelitian ini menggambarkan manfaat permainan rainbow walking water (air pelangi berjalan) dalam meningkatkan perkembangan sains anak di TK Pertiwi Kota Pekanbaru. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atau mendeskripsikan tentang cara meningkatkan perkembangan sains anak dengan permainan rainbow walking water (air pelangi berjalan) di TK Pertiwi Kota Pekanbaru. Jenis penelitian ini yakni penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini ialah kelompok A TK Pertiwi Kota Pekanbaru yang berjumlah 18 orang anak, terdiri dari 9 orang anak perempuan dan 9 orang anak laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa permainan rainbow walking water (air pelangi berjalan) dapat meningkatkan perkembangan sains pada anak kelompok A di TK Pertiwi Kota Pekanbaru. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil observasi perkembangan sains anak dimana pada pra siklus sebanyak 66,6% anak mencapai indikator BB (Belum Berkembang) dan sebanyak 33,4% anak pada indikator MB (Mulai Berkembang). Setelah dilaksanakan tindakan siklus I menunjukkan sebanyak 44,5% anak mencapai indikator MB (Mulai Berkembang) dan 55,5% anak mencapai indikator BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Kemudian setelah dilaksanakan tindakan siklus II menunjukkan perkembangan sains anak meningkat yaitu sebanyak 38,8% anak pada indikator BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan 61,2% anak pada indikator BSB (Berkembang Sangat Baik).