PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM BERBASIS MEDIA LOOSE PART TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-MASRURIYAH PEKANBARU

Categorie(s):
   Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
   FADYA ARTAMEVIA
Tahun:
   2024
NIM Mahasiswa:
 20306021013
Nama Mahasiswa:
 Fadya Artamevia
Nama Penulis:
 Fadya Artamevia
Item Type:
 Skripsi
Additional Info:
 Skripsi Mahasiswa
Keyword(s):
STEAM, media loose part, kreativitas anak, pendidikan anak usia dini.
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pembelajaran STEAM berbasis media loose part terhadap perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Al-Masruriyah, Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas terdiri dari 23 anak. Yang terdiri dari 12 anak kelompok eksperimen dan 11 anak kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan berupa pembelajaran STEAMberbasis media loose part, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui observasi dan instrumen tes kreativitas yang telah divalidasi. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t, dimana hasil perhitungan di peroleh thitung> ttabel yakni 3,971 > 1.714. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam perkembangan kreativitas pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Pembelajaran STEAM berbasis Media loose part terbukti efektif dalam mendorong anak untuk berpikir kreatif, mengembangkan imajinasi, dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Temuan ini merekomendasikan penerapan pembelajaran STEAM berbasis media loose part sebagai strategi pedagogis untuk mengoptimalkan perkembangan kreativitas anak usia dini.