KESIAPSIAGAAN ANAK DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI MELALUI PERMAINAN SIRKUIT USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA 3 PEKANBARU
Categorie(s):
Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
DEEFA FITRI MAHARANI
Tahun:
2024
NIM Mahasiswa:
20306021021
Nama Mahasiswa:
DEEFA FITRI MAHARANI
Nama Penulis:
DEEFA FITRI MAHARANI
Item Type:
Skripsi
Additional Info:
Skripsi Mahasiswa
Keyword(s):
Permainan Sirkuit, Analisis SWOT, Kesiapsiagaan.
Abstract :

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat serta mengevaluasi kesiapsiagaan anak terhadap gempa bumi melalui implementasi permainan sirkuit di TK Negeri Pembina 3 Pekanbaru. Permainan sirkuit dirancang sebagai metode interaktif dan menyenangkan untuk melatih anak-anak dalam menghadapi situasi darurat, khususnya gempa bumi. Pendekatan kualitatif digunakan dengan fokus pada deskripsi dan analisis SWOT terhadap implementasi permainan ini. Subjek penelitian merupakan anak usia 5-6 tahun sebanyak 15 anak sebagai uji coba terbatas. Respons positif anak-anak terhadap simulasi gempa bumi juga menjadi kekuatan utama. Peluang permainan sirkuit mencakup peningkatan kesadaran tentang mitigasi bencana. Data dikumpulkan melalui observasi langsung terhadap partisipasi anak dalam setiap pos permainan sirkuit, wawancara dengan guru, serta dokumentasi aktivitas permainan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan sirkuit dapat menanamkan kesiapsiagaan anak terhadap gempa bumi dengan memperkuat pemahaman mereka terhadap risiko dan tindakan mitigasi sederhana. Kesimpulannya, permainan sirkuit memiliki 5 faktor pendorong, desain yang memiliki daya tarik visual dan edukatif, relevansi dengan kurikulum, kesesuaian dengan perkembangan anak, peluang di implementasikan dalam kurikulum, dan potensi kolaborasi. Empat faktor penghambat yaitu, belum memiliki panduan, evaluasi yang kurang terukur, pesaing dengan permainan serupa dan finansial. Rekomendasi pengembangan lebih lanjut termasuk memanfaatkan kekuatan yang ada, mengatasi kelemahan, dan memanfaatkan peluang untuk meningkatkan dampak pendidikan dan sosial permainan sirkuit dalam mitigasi bencana.