PENGARUH PERMAINAN LEGO ROBOT CARDBOARD BOX TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM AL FITHRAH PEKANBARU

Categorie(s):
   Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
   Aisyah Wulandari
Tahun:
   2024
NIM Mahasiswa:
 20306021002
Nama Mahasiswa:
 Aisyah Wulandari
Nama Penulis:
 Aisyah Wulandari
Item Type:
 Skripsi
Additional Info:
 Skripsi Mahasiswa
Keyword(s):
Permainan Lego Robot Cardboard Box, Anak Usia Dini, Perkembangan Motorik Halus
Abstract :
20306021002
Perkembangan motorik halus merupakan salah satu tahapan awal anak dalam masa perkembangannya. Rendahnya perkembangan motorik halus anak terjadi karena kurangnya penggunaan permainan dalam pembelajaran. Pentingnya perkembangan motorik halus anak dengan adanya stimulasi atau rangsangan. Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh permainan lego robot cardboard box terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al Fithrah Pekanbaru. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest. Sample yang digunakan ialah kelas eksperimen B1 berjumlah 18 anak dan kelas kontrol B2 berjumlah 13 anak. Data yang diperoleh melalui observasi/lembar observasi dan dokumentasi kegiatan. Hasil analisis data menggunakan paired sample t Test kelas eksperimen menujukan Thitung = 18,985 dan signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 yang menujukan bahwa adanya pengaruh, artinya adanya pengaruh perkembangan motorik halus anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa permainan lego robot cardboard box yang berarti hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan lego robot cardboard box memberi pengaruh terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al Fithrah Pekanbaru.