PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI PERMAINAN TULIS PUNGGUNG BERANTAI UNTUK ANAK USIA 5 -6 TAHUN DI TKIT BUNAYYA PEKANBARU

Categorie(s):
   Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
   YUSMANELY
Tahun:
   2025
NIM Mahasiswa:
 21306021115
Nama Mahasiswa:
 YUSMANELY
Nama Penulis:
 YUSMANELY
Item Type:
 Skripsi
Additional Info:
 Skripsi Mahasiswa
Keyword(s):
Kemampuan menulis, tulis punggung berantai
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis pada anak usia 5-6 tahun di TKIT Bunayya Pekanbaru tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 bulan Februari 2025 bertempat di TKIT Bunayya Kota Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B3 yang berjumlah delapan belas anak terdiri atas sepuluh anak laki-laki dan delapan anak perempuan. Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, 1) membuat perencanaan, 2) melakukan tindakan, 3) mengadakan pengamatan terhadap tindakan, 4) merefleksi hasil pengamatan tindakan. Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian lembar observasi dan dokumentasi. Hasil analisis data penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis anak setelah diterapkannya permainan tulis punggung berantai pada anak Kelompok B3 TKIT Bunayya Pekanbaru. Kemampuan menulis anak pada siklus 1 meningkat sebesar 17,8% menjadi 60,8% dan mengalami peningkatan sebesar 22,2% sehingga mencapai hasil akhir sebesar 83,1% pada siklus 2. Dapat disimpulkan bahwa Permainan tulis punggung berantai dapat meningkatkan Kemampuan menulis pada anak Kelompok B3 TKIT Bunayya Pekanbaru tahun ajaran 2024/2025. Saran yang hendak peneliti sampaikan, sebaiknya pendidik dapat menerapkan permainan tulis punggung berantai untuk meningkatkan kemampuan menulis pada anak.