MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS ANAK MELALUI PERMAINAN BARIS NAMA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KB SALSABILA KIDS KECAMATAN TEBING TINGGI KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI
Categorie(s):
Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
SUKOASIH
Tahun:
2025
NIM Mahasiswa:
21306021096
Nama Mahasiswa:
SUKOASIH
Nama Penulis:
SUKOASIH
Item Type:
Skripsi
Additional Info:
Skripsi Mahasiswa
Keyword(s):
Kemampuan literasi baca tulis, permainan baris nama
Abstract :

Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah : (1). Untuk mengetahui kemampuan literasi baca tulis anak usia 5-6 tahun dapat meningkat melalui permainan baris nama. (2). Dengan penerapan permainan baris nama dapat meningkatkan literasi baca tulis anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart dimana dilakukan beberapa tahap meliputi : (1). Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Pengamatan, (4) Reflexi. Penelitian ini dilaksanakan pada Kelas B di KB Salsabila Kids Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti dengan jumlah anak sebanyak 16 orang terdiri dari 11 sisiwa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Penelitian ini mengukur tingkat kemampuan literasi anak khususnya bahasa yang meliputi baca tulis anak. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada kemampuan baca tulis anak pada setiap siklusnya. Satu siklus terdiri dari 2 pertemuan. Adapun tehnik pengumpulan data yang digunakan peneliti meliputi tehnik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dalam meningkatkan kemampuan literasi baca tulis anak usia 5-6 tahun dalam permainan baris nama pada siklus I anak belum berkembang (BB) 18,75 %, anak yang mulai berkembang (MB) 50 %, anak berkembang sesuai harapan (BSH) 31,25% dan anak berkembang sangat baik 0%. Pada siklus II terjadi peningkatan yang anak belum berkembang (BB) 0%, anak Mulai Berkembang (MB) 0 %, anak berkembang sesuai harapan (BSH) 18,75 % dan anak berkembang sangat baik (BSB) 81,25%. Dari hasil yang dicapai diharapkan melalui permainan baris nama dapat menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan kemampuan literasi anak yang masih rendah dapat meningkat