PERAN KOMUNITAS BELAJAR PKG MELATI DALAM MEMBANTU GURU PAUD MEMAHAMI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SE-KECAMATAN TEBING TINGGI KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

Categorie(s):
   Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
   RINI SEPTIANI MUKTI
Tahun:
   2025
NIM Mahasiswa:
 21306021050
Nama Mahasiswa:
 RINI SEPTIANI MUKTI
Nama Penulis:
 RINI SEPTIANI MUKTI
Item Type:
 Skripsi
Additional Info:
 Skripsi Mahasiswa
Keyword(s):
Komunitas Belajar, Pengembangan Kompetensi Guru, Kurikulum merdeka
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Komunitas Belajar PKG Melati di Kecamatan Tebing Tinggi dalam membantu guru PAUD memahami Implementasi Kurikulum Merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. dimana peneliti menguraikan secara lebih detil dan mendalam sejauh mana pemahaman guru dalam melaksanakan proses pembelajaran serta memaparkan strategi Komunitas Belajar PKG Melati dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PKG Melati memiliki peran signifikan dalam meningkatkan pemahaman guru PAUD terhadap Kurikulum Merdeka. Program pelatihan dan pendampingan yang diberikan oleh PKG Melati berhasil memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh para guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dengan efektif. Selain itu, adanya forum diskusi dan kegiatan kolaboratif antar-guru dalam komunitas belajar ini juga memperkuat pemahaman dan aplikasi kurikulum di lapangan. Dengan demikian, Komunitas Belajar PKG Melati terbukti menjadi fasilitator yang efektif dalam mendukung pengembangan profesional guru PAUD di Kecamatan Tebing Tinggi. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan program pelatihan dan pendampingan guru di daerah lain yang menghadapi tantangan serupa dalam implementasi Kurikulum Merdeka.