STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MELALUI GERAKAN KAMSIA (Kelola, Amati, Manajemen Kelas, Solutif, Inovatif, Aktif) PADA KELOMPOK USIA 5- 6 TAHUN DI TK KASIH MAITREYA
Categorie(s):
Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
ISNIDA
Tahun:
2025
NIM Mahasiswa:
21306021079
Nama Mahasiswa:
ISNIDA
Nama Penulis:
ISNIDA
Item Type:
Skripsi
Additional Info:
Skripsi Mahasiswa
Keyword(s):
Karakteristik, Kebutuhan, Strategi, Differensiasi
Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi melalui gerakan KAMSIA (Kelola, Amati, Manajemen Kelas, Solutif, Inovatif dan Aktif ) pada anak usia 5-6 tahun di TK Kasih Maitreya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang merupakan suatu strategi inquiri untuk mengeksplosi dan mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan upaya guru dalam mengakomodir kebutuhan belajar peserta didik sesuai dengan karakteristik, minat dan kesiapan belajar anak. Dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi guru perlu memikirkan tindakan yang tepat untuk diterapkan pada proses pembelajaran. Dengan demikian, strategi -strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dilakukan akan memudahkan peran guru dalam menyesuaikan setiap proses pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dengan segala keberagamannya. Temuan dalam penelitian ini juga menekankan pada prinsip pembelajaran berdiferensiasi yang bersifat fleksibel dan holistik dimana terdapat keterkaitan kemampuan dan keterampilan antara guru, orang tua, kepala sekolah muapun pihak terkait lainnya dalam mencapai tujuan pembelajaran yang berkualitas. Sehingga tidak hanya fokus pada pembelajaran di kelas saja namun terintegrasi dengan stake holder dan berkesinambungan. Strategi implementasi pembelajaran berdiferensiasi ini banyak memberikan dampak yang positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di kelas salah satunya Guru menjadi mudah mengelola peserta didik dengan kebutuhan dan karakteristik yang beragam karena adanya manajemen kelas yang baik. Dengan demikian, diharapkan agar guru dapat berperan aktif dalam memahami makna dari pembelajaran itu sendiri yang akan menjadi panduan dalam memberikan pengalaman belajar yang mencakup semua elemen pembelajaran serta memaksimalkan perkembangan dan capaian setiap anak.