PENINGKATAN LITERASI MEMBACA MELALUI PERMAINAN PUZZLE ALAT TRANSPORTASI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-HIDAYAH SUNGAITOHOR BARAT

Categorie(s):
   Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
   IKA PARADISKA
Tahun:
   2025
NIM Mahasiswa:
 21306021065
Nama Mahasiswa:
 IKA PARADISKA
Nama Penulis:
 IKA PARADISKA
Item Type:
 Skripsi
Additional Info:
 Skripsi Mahasiswa
Keyword(s):
Literasi, Membaca, Permainan Puzzle, Alat Transportasi.
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan literasi membaca anak usia 5- 6 tahun melalui permainan puzzle alat transportasi di TK Al-Hidayah dan untuk mengetahui permainan puzzle alat transportasi dapat meningkatkan literasi membaca pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-Hidayah. Metode dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) dimana suatu tindakan penelitian refleksi diri yang dilakukan oleh para partisipan dalam situasi-situasi sosial (termasuk pendidikan) untuk memperbaiki praktik yang dilakukan sendiri. Dengan demikian, akan diperoleh pemahaman yang komprehensif mengenai praktik dan situasi di mana praktik tersebut dilakukan, dalam penelitoian tindakan kelas terdapat dua hal pokok dalam penelitian tindakan kelas yaitu perbaikan dan keterlibatan. Teknik Pengumpulan Data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah perkembangan literasi membaca anak saat pra tindakan memiliki kriteria baik sebesar 15, 38% (2 anak), kriteria cukup sebesar 15, 38% (2 anak) dan kriteria kurang sebesar 69, 2% ( 9 anak). Pada siklus I perkembangan literasi membaca anak dengan kriteria baik meningkat menjadi 61, 52% (8 anak), anak yang memiliki perkembangan bahasa dengan kriteria cukup sebesar 23, 07 % (3 anak) dan anak yang memiliki perkembangan literasi membaca dangan kriteria kurang berkurang menjadi 15, 38% (2 anak). Selanjutnya pada siklus II anak yang menunjukkan perkembangan bahasa dengan kriteria baik menungkat kembali menjadi 92, 28% (12 anak), anak yang menunjukkan perkembangan literasi membaca dengan kriteria cukup berkurang menjadi 7, 69% (1 anak), dan anak yang menunjukkkan perkembangan literasi membaca dengan kriteria kurang 0%. Perkembangan literasi baca anak Kelompok B TK Al-Hidayah Sungai Tohor Barat, pada saat proses pembelajaran kegiatan literasi baca mengalami peningkatan melalui permainan puzzle dengan alat transportasi.