ANALISIS PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) DI PAUD KASIH IBU KEC. SIAK KAB SIAK
Categorie(s):
Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
IDAROYANI
Tahun:
2025
NIM Mahasiswa:
21306021040
Nama Mahasiswa:
IDAROYANI
Nama Penulis:
IDAROYANI
Item Type:
Skripsi
Additional Info:
Skripsi Mahasiswa
Keyword(s):
Pembelajaran, Berbasis Proyek
Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran berbasis proyek pada PAUD Kasih Ibu Di Kec. Siak Kab Siak dan untuk mengetahui apa saja kendala guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis proyek pada PAUD Kasih Ibu Di Kec. Siak Kab Siak. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang dilakukan dengan latar belakang yang wajar dan alamiah serta holistik. Penelitian kualitatif berusaha melihat, mencermati, dan menghayati masalah yang akan diteliti sebagai fenomena yang kompleks yang harus diteliti secara holistik atau menyeluruh. Teknik pengumpul data dilakukan dengan cara observasi langsung ke lapangan dan wawancara mendalam (depth interview) dengan informan melalui dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran proyek di PAUD Kasih Ibu Di Kec. Siak Kab Siak melibatkan anak secara langsung dalam menerapkan 6 langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek, membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan bermakna bagi anak, pembelajarn proyek di PAUD Kasih Ibu Di Kec. Siak Kab Siak menggunakan Profil Pelajar Pancasila/ P5 dengan aktivitas intrakulikuler dengan project based learning dan model sentra moving activity, pembelajaran proyek disini berpusat pada anak, anak lebih mandiri, kreatif dan bernalar kritis sehingga guru harus terampil menjadi fasilitator. Kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis proyek berupa penerapan ide-ide media pembelajaran, pembuatan RPPH atau modul setiap hari. Kendala lainnya adalah adanya keluhan keikut sertaan orang tua dalam pembelajaran di sekolah.