PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DALAM BERHITUNG MELALUI PERMAINAN BOWLING KALENG DI TK PERMATA BUNDA MANDAU SKRIPSI

Categorie(s):
   Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
   FITRI SUSANTI
Tahun:
   2025
NIM Mahasiswa:
 21306021038
Nama Mahasiswa:
 FITRI SUSANTI
Nama Penulis:
 FITRI SUSANTI
Item Type:
 Skripsi
Additional Info:
 Skripsi Mahasiswa
Keyword(s):
Permainan Bowling Kaleng Meningkatkan Kemampuan berhitung anak.
Abstract :
Dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak maka diperlukan sebuah permainan sehingga dapat menstimulus kemampuan berhitung. Permasalahan penelitian adalah pembelajaran yang cenderung monoton dan penggunaan media yang kurang bervariasi, kurangnya pemahaman anak memahami konsep angka,kurangnya pemahaman anak dalam menghubungkan lambang bilangan dengan benda-benda, kurang meningkatnya kognitif anak terutama dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hal tersebut, maka masalah yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan berhitung anak dapat meningkat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah kelompok BI dengan jumlah 10 orang yang terdiri dari 6 orang anak laki-laki dan 4 orang anak perempuan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan kognitif anak terhadap pemahaman konsep angka melalui permainan bowling kaleng.Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus. Hasil penelitian disetiap siklus menunjukkan adanya peningkatan perkembangan kognitif anak dalam berhitung dari siklus I yang pada umumnya masih terlihat rendah, setelah dilakukan tindakan pada siklus II terjadi peningkatan, teknik yang digunakan pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi serta format hasil penelitian selanjutnya diolah dengan persentase.Berdasarkan hasil penelitian tindakan yang dilakukan dapat dinyatakan bahwa terjadi peningkatan kognitif anak melalui permainan bowling kaleng. Sebelum tindakan rata-rata yang diperoleh nilai bsb anak hanya 20% terlihat rendah, Pada siklus I nilainya belum berkembang , setelah dilakukan tindakan pada siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata berkembang baik yang nilai bsbnya meningkat menjadi 90%.Berdasarkan hasil Penelitian tindakan yang dilakukan dapat dinyatakan bahwa terjadi perkembangan kognitif anak melalui permainan bowling kaleng.penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak-pihak terkait, Bagi anak didik,sebagai subjek penelitian bagi guru TK sebagai bahan masukan juga bagi peneliti,bagi dinas dan bagi TK Permata Bunda.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan permainan bowling kaleng dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak jika dilihat dari sebelum tidakan sampai setelah tindakan mengalami kenaikan yang sangat baik.