PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP LITERASI SAINS ANAK USIA DINI DI KB PERMATA IBU DESA TANJUNG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU

Categorie(s):
   Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
   FITRA HAYATI
Tahun:
   2025
NIM Mahasiswa:
 21306021037
Nama Mahasiswa:
 FITRA HAYATI
Nama Penulis:
 FITRA HAYATI
Item Type:
 Skripsi
Additional Info:
 Skripsi Mahasiswa
Keyword(s):
Metode Bercerita, Literasi Sains.
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap literasi sains anak usia dini. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif denga metode quasi eksperimen. Teknik dalam mengumpulkan data menggunakan instrument berupa aspek- aspek yang akan dicapai diantaranya yaitu: mengidentifikasi pertanyaan, memperoleh pengetahuan baru, menjelaskan fenomena ilmiah dan mengambil kesimpulan. Teknik analisis data memakai uji normalitas, homogenitas serta hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media boneka tangan dari kain planel terhadap kemampuan Literasi Sains anak usia dini di KB Permata Ibu Desa tanjung Kecamtan Koto kampar Hulu tahun ajaran 2024/2025 dengan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 46(1). Sedangkan media buku cerita terhadap kemampuan Literasi Sains anak usia dini di KB Permata Ibu Desa Tanjung Kecamtan Koto Kampae Hulu tahun ajaran 2024/2025 dengan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 25,6(2). Hasil hipotesis Berdasarkan pengujian menggunakan rumus t-test independent sample memperoleh hasil hitung sebesar thitung 14,7. Sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 2,920. Pada hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan anatara penggunaan media boneka Tangan dari Kain Planel dan media buku cerita terhadap kemampuan Literasi Sains anak usia dini di KB Permata Ibu Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu tahun ajaran 2024/2025 (3).