MENINGKATKAN LITERASI DENGAN METODE FONIK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KELAS B2 DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL CABANG SELATPANJANG

Categorie(s):
   Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
   BADARIAH
Tahun:
   2025
NIM Mahasiswa:
 21306021034
Nama Mahasiswa:
 BADARIAH
Nama Penulis:
 BADARIAH
Item Type:
 Skripsi
Additional Info:
 Skripsi Mahasiswa
Keyword(s):
Literasi, Metode, Fonik
Abstract :
Kemampuan literasi anak usia dini merupakan sebuah upaya untuk mengenalkan anak pada kegiatan membaca, kegiatan literasi ini bukan sebuah kegiatan yang menekankan anak untuk mampu membaca. Namun tujuan dari literasi pada anak usia dini adalah sebuah upaya yang dilakukan agar mampu menjadi fondasi awal bagi anak sehingga anak lebih siap menghadapi pembelajaran membaca yang sesungguhnya ketika memasuki sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan metode Fonik dapat meningkatkan literasi anak di kelompok B2 Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Cabang Selatpanjang. Metode penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Researct). Penelitian tindakan kelas adalah suatu kegiatan penelitian dengan mencermati sebuah kegiatan yang diberikan tindakan, yang secara sengaja dimunculkan dalam sebuah kelas,bertujuan memecahkan masalah atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas tersebut. Prinsip dalam pengumpulan data yang digunakan pada penelitian tindakan kelas ini tidak jauh berbeda dengan pengumpulan data pada jenis penelitian yang sering dilakukan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini dengan menggunakan metode campuran (mixed method) dimana metode ini menggunakan data kuantitatif dan juga kualitatif dalam proses penelitiannya, sehingga proses pengumpulan datanya memanfaatkan data kualitatif dan kuantitatif yang berfokus untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menggabungkan data sebagai cara untuk menggambarkan proses terjadinya perubahan dalam sebuah penelitian sehingga mampu diolah dengan baik. Hasil peningkatan literasi anak dikelompok B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal Cabang Selatpanjang pada siklus I peningkatan anak belum berkembang 25%, mulai berkembang 90%, berkembang sesuai harapan 55% dan berkembang sangat baik 35%. Pada siklus 2,peningkatan anak belum berkembang 5%, mulai berkembang 20%, berkembang sesuai harapan 80%, dan berkembang sangat baik 95%, sehingga terdapat peningkatan literasi anak (mengenal huruf) dengan metode fonik dengan signifikan sesuai dengan yang diharapkan.