PENGARUH KOMUNIKASI EFEKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELAUI BERCERITA BONEKA TANGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD KASIH IBU KAMPUNG MEREMPAN HULU KAB. SIAK
Categorie(s):
Skripsi,Thesis,Disertasi
Author(s):
ANDA RAHAYU
Tahun:
2025
NIM Mahasiswa:
21306021066
Nama Mahasiswa:
ANDA RAHAYU
Nama Penulis:
ANDA RAHAYU
Item Type:
Skripsi
Additional Info:
Skripsi Mahasiswa
Keyword(s):
Komunikasi Efektif, Kemampuan, Bahasa, Bercerita, Boneka Tangan
Abstract :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh komunikasi efektif terhadap kemampuan bahasa anak melaui bercerita boneka tangan pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Kasih Ibu Kampung Merempan Hulu Kab. Siak dan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh komunikasi efektif terhadap kemampuan bahasa anak melaui bercerita boneka tangan pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Kasih Ibu Kampung Merempan Hulu Kab. Siak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Adapun proses pengumpulan data dalam peneliti adalah menggunakan observasi dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah rata-rata nilai perkembangan bahasa anak sebelum menggunakan komunikasi efektif melalui bercerita boneka tangan dengan nilai rata-rata 22,73 dan setelah menggunakan komunikasi efektif melalui boneka tangan nilai rata-rata perkembangan bahasa anak meningkat menjadi 38,33 atau mengalami peningkatan 15,6%, sedangkan pada kelompok kontrol nilai rata-rata perkembangan bahasa anak 24,73 dan setelah diterapkan pembelajaran seperti biasanya (tidak menggunakan komunikasi efektif melalui boneka tangan) nilai rata-rata perkembangan bahasa anak meningkat menjadi 29,64 atau mengalami peningkatan 4,2%. Adapun hasil analisis komperatif antara nilai pretest kelompok eksperimen dengan Postest kelompok eksperimen pada taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung sebesar -18,841 dan nilai sig sebesar 0,000, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata nilai pada pretest kelompok eksperimen dengan Postest kelompok eksperimen.