Teori Belajar dan Implikasinya dalam Pembelajaran (1)

Categorie(s):
   Buku Dosen
Author(s):
   Dr. Nini Aryani, S.Ag., M.Pd., Dr. Molli Wahyuni, S.Si., M.Pd.
Tahun:
   2021
Kode:
 1
Nama Penulis:
 Dr. Nini Aryani, S.Ag., M.Pd., Dr. Molli Wahyuni, S.Si., M.Pd.
Item Type:
 Buku
Additional Info:
 Penerbit Bintang Pustaka Madani
ISSN/ISBN:
-
Keyword(s):
Teori Belajar, Pembelajaran, Implementasi
Abstract :
Belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai akibat dari adanya interaksi antara stimulus dan respon. Dengan kata lain, belajar merupakan bentuk perubahan yang dialami siswa dalam hal kemampuannya untuk bertingkah laku dengan cara yang baru sebagai hasil interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika ia dapat menunjukkan perubahan tingkah lakunya. Belajar ditandai dengan adanya latihan yang menyebabkan terjadinya perubahan perilaku yang relatif permanen, belajar bukan merubah perilaku karena maturasi atau pengkondisian sementara suatu organisme. Secara kasat mata, proses belajar tersebut tidak dapat diamati akan tetapi dapat dilihat dari hasil perubahan yang terjadi, baik dari peningkatan pengetahuan yang dimilikinya, pemahamannya terhadap pengetahuan, sikap dan tingkah lakunya, peningkatan keterampilannya, kecakapan dan kemampuannya, daya reaksinya serta aspek lainnya yang ada pada individu. Dalam psikologi pendidikan, belajar menjadi dasar yang perlu dipahami secara khusus oleh siswa ataupun guru sehingga dapat memahami konsep dasar serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya secara lebih komprehensif dan mendalam sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.