Buku Panduan Guru: Manajemen Pembelajaran PAUD Berbasis Perkembangan Anak
Categorie(s):
Buku Dosen
Author(s):
Dr. Nini Aryani, S.Ag, M.Pd., Prof. Dr. Mudjiran, M.S., Kons., Prof. Dr. Rakimahwati, M.Pd.
Tahun:
2020
Nama Penulis:
Dr. Nini Aryani, S.Ag, M.Pd., Prof. Dr. Mudjiran, M.S., Kons., Prof. Dr. Rakimahwati, M.Pd.
Item Type:
Buku
ISSN/ISBN:
978-623-7640-44-8
Keyword(s):
Manajemen Pembelajaran, Perkembangan Anak, PAUD
Abstract :
Buku Panduan Guru tentang Manajemen Pembelajaran PAUD Berbasis Perkembangan Anak ini merupakan buku II yang memuat materi mengenai manajemen pembelajaran PAUD, manajemen pembelajaran sentra, manajemen pembelajaran sentra berbasis perkembangan anak, peran kepala sekolah dalam evaluasi pembelajaran, contoh tema kegiatan pembelajaran sentra, dan contoh Rencana Pelaksana Pembelajaran Harian (RPPH).
Dalam buku ini memberikan materi untuk pelaksanaan manajemen pembelajaran PAUD berbasis perkembangan anak dengan mengacu pada fungsi manajemen pembelajaran yakni: perencanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Dalam perencanaan pembelajaran keikutsertaan orangtua dalam memberikan ide terhadap guru tentang kegiatan bermain atau kegiatan pembelajaran, disamping itu pula dalam pelaksanaan pembelajaran
orangtua dapat berperan langsung sebagai sumber belajar. Selanjutnya, juga dijelaskan peran dan tindakan yang perlu dilakukan kepala sekolah dalam evaluasi penerapan manajemen pembelajaran sentra, termasuk sistematika pelaporan hasil kegiatan sentra yang perlu dilakukan guru. Kemudian dilampirkan berbagai contoh kegiatan yang dapat dilakukan guru untuk setiap sentra, termasuk alat dan bahan yang dibutuhkan. Terakhir, buku ini memuat contoh penyusunan RPPH yang perlu disiapkan guru sebelum mulai kegiatan sentra.
Buku ini dapat digunakan oleh guru PAUD sebagai pedoman dalam penerapan manajemen pembelajaran sentra yang berbasis perkembangan anak agar pembelajaran yang diberikan sesuai dengan kurikulum dan tujuan dari PAUD seperti yang tercantum dalam undang-undang dapat tercapai.
Manajemen pembelajaran PAUD yang diterapkan dalam buku ini terdiri dari sentra alam, senta bermain peran, sentra seni, sentra bahan alam, sentra iman dan takwa, sentra persiapan, dan sentra balok. Keenam sentra tersebut dilaksanakan berdasarkan perkembangan anak usia 4 tahun sampai dengan 5 tahun. Dengan demikian, buku ini memiliki keterbatasan dalam kegiatan manajemen pembelajaran PAUD berbasis perkembangan anak untuk usia 4
sampai 5 tahun, sehingga disarankan diadakannya. buku lanjutan untuk anak usia 5 sampai 6 tahun sebagai pelengkap manajemen pembelajaran sentra berbasis perkembangan anak.
Dalam buku ini memberikan materi untuk pelaksanaan manajemen pembelajaran PAUD berbasis perkembangan anak dengan mengacu pada fungsi manajemen pembelajaran yakni: perencanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Dalam perencanaan pembelajaran keikutsertaan orangtua dalam memberikan ide terhadap guru tentang kegiatan bermain atau kegiatan pembelajaran, disamping itu pula dalam pelaksanaan pembelajaran
orangtua dapat berperan langsung sebagai sumber belajar. Selanjutnya, juga dijelaskan peran dan tindakan yang perlu dilakukan kepala sekolah dalam evaluasi penerapan manajemen pembelajaran sentra, termasuk sistematika pelaporan hasil kegiatan sentra yang perlu dilakukan guru. Kemudian dilampirkan berbagai contoh kegiatan yang dapat dilakukan guru untuk setiap sentra, termasuk alat dan bahan yang dibutuhkan. Terakhir, buku ini memuat contoh penyusunan RPPH yang perlu disiapkan guru sebelum mulai kegiatan sentra.
Buku ini dapat digunakan oleh guru PAUD sebagai pedoman dalam penerapan manajemen pembelajaran sentra yang berbasis perkembangan anak agar pembelajaran yang diberikan sesuai dengan kurikulum dan tujuan dari PAUD seperti yang tercantum dalam undang-undang dapat tercapai.
Manajemen pembelajaran PAUD yang diterapkan dalam buku ini terdiri dari sentra alam, senta bermain peran, sentra seni, sentra bahan alam, sentra iman dan takwa, sentra persiapan, dan sentra balok. Keenam sentra tersebut dilaksanakan berdasarkan perkembangan anak usia 4 tahun sampai dengan 5 tahun. Dengan demikian, buku ini memiliki keterbatasan dalam kegiatan manajemen pembelajaran PAUD berbasis perkembangan anak untuk usia 4
sampai 5 tahun, sehingga disarankan diadakannya. buku lanjutan untuk anak usia 5 sampai 6 tahun sebagai pelengkap manajemen pembelajaran sentra berbasis perkembangan anak.