EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS X SMAN 3 SUNGAI APIT
Categorie(s):
Skripsi, Thesis, Disertasi
Author(s):
ANDRI ARDYANSYAH
Tahun:
2022
NIM Mahasiswa:
18306011002
Nama Mahasiswa:
ANDRI ARDYANSYAH
Nama Penulis:
ANDRI ARDYANSYAH
Item Type:
Skripsi
Additional Info:
Skripsi Mahasiswa
Keyword(s):
Kooperatif Learning, Hasil Belajar
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas X SMAN 3 Sungai Apit. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan cara mengumpulkan data-data sesuai dengan yang sebenarnya kemudian data-data tersebut disusun, diolah dan dianalisis untuk dapat memberikan gambaran mengenai masalah yang ada. Hasil penelitian yang telah dilakukan Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas X SMAN 3 Sungai Apit sudah baik saling ketergantungan positif kemampuan siswa dalam menciptakan suasana kerjasama antara sesama siswa berperan aktif dalam kegiatan kerjasama pada saat proses pembelajaran saling berkomunikasi satu sama lainnya membahas materi dan juga mengerjakan tugas setiap masing-masing kelompok, siswa dapat menyampaikan pendapat atau menyumbangkan pemikiran terhadap materi yang sedang didiskusikan serta keterampilan menjalin hubungan antarpribadi dimana siswa yang lebih memahami atau memiliki penguasaan yang lebih baik bersedia membantu teman yang belum paham baik dari kelompoknya sendiri ataupun kelompok lain. namun sayangnya masih sangat jarang digunakan atau diterapkan guru lebih sering menggunakan model pembelajaran konvensional yakni metode ceramah yang kurang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa karena siswa merasa jenuh hanya diam mendengarkan guru menjelaskan materi pembelajaran.