ANALISIS PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTS HASANAH PEKANBARU
Categorie(s):
Skripsi, Thesis, Disertasi
Author(s):
IHSAN WIDIANTONO
Tahun:
2022
NIM Mahasiswa:
19306012005
Nama Mahasiswa:
IHSAN WIDIANTONO
Nama Penulis:
IHSAN WIDIANTONO
Item Type:
Skripsi
Additional Info:
Skripsi mahasiswa
Keyword(s):
Perkembangan Kognitif, Peserta Didik, Mata Pelajaran IPS
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini untuk melihat seberapa besar perkembangan
kognitif peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran IPS di MTs Hasanah
Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif. Yang dilakukan di MTs Hasanah.Pekanbaru dengan total sampling sebanyak 24 Siswa serta guru yang mengajarmata pelajaran IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket serta observasi awal yang dilakukan oleh peneliti. Hasil dari penelitian ini dimana dalam hasil observasi diketahui rata-rata perkembangan kognitif peserta didik sebesar 67% dan masuk kategori Maksimal dimana siswa sudah mampu dalam memahami dari 3 unsur dalam tahap Oprasional Formal, hanya dalam hasil observasi di dalam unsur Abstraktif Reflektif pada poin 3, siswa/I kurang dapat memahami dengan persentasi sebesar 50%. Dan untuk hasil Kuesioner yang telah disebarkan kesiswa/I didapatkan hasil rata-rata perkembangan kognitif mereka di angka 78 dengan kategori Maksimal atau jika dipersentasikan sebesar78%, ini mennunjukkan bahwa siswa/I kelas VIII Mts Hasanah Pekanbaru sudah cukup memahami dari indikator Deduktif Hipotetis, Induktif Saintifikdan Abstraktif Reflektif dalam tahapan Oprasional Formal dalam teori Piaget. Dan dalam hasil wawancara ditemukan bahwa siswa/I juga mampu memenuhi indikatir dalam perkembangan kognitif, hanya terkendala didalam pemahaman istilah di pelajaran IPS. Diharapkan agar guru dapat memberikan pemahaman atau literasi yang lebih agar siswa/I dapat lebih meningkatkan kemampuan kognitif mereka pada pelajaran IPS
kognitif peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran IPS di MTs Hasanah
Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif. Yang dilakukan di MTs Hasanah.Pekanbaru dengan total sampling sebanyak 24 Siswa serta guru yang mengajarmata pelajaran IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket serta observasi awal yang dilakukan oleh peneliti. Hasil dari penelitian ini dimana dalam hasil observasi diketahui rata-rata perkembangan kognitif peserta didik sebesar 67% dan masuk kategori Maksimal dimana siswa sudah mampu dalam memahami dari 3 unsur dalam tahap Oprasional Formal, hanya dalam hasil observasi di dalam unsur Abstraktif Reflektif pada poin 3, siswa/I kurang dapat memahami dengan persentasi sebesar 50%. Dan untuk hasil Kuesioner yang telah disebarkan kesiswa/I didapatkan hasil rata-rata perkembangan kognitif mereka di angka 78 dengan kategori Maksimal atau jika dipersentasikan sebesar78%, ini mennunjukkan bahwa siswa/I kelas VIII Mts Hasanah Pekanbaru sudah cukup memahami dari indikator Deduktif Hipotetis, Induktif Saintifikdan Abstraktif Reflektif dalam tahapan Oprasional Formal dalam teori Piaget. Dan dalam hasil wawancara ditemukan bahwa siswa/I juga mampu memenuhi indikatir dalam perkembangan kognitif, hanya terkendala didalam pemahaman istilah di pelajaran IPS. Diharapkan agar guru dapat memberikan pemahaman atau literasi yang lebih agar siswa/I dapat lebih meningkatkan kemampuan kognitif mereka pada pelajaran IPS