PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELASVII REGULER DAN BINSUS SMP MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU

Categorie(s):
   Skripsi, Thesis, Disertasi
Author(s):
   MAULIDUN
Tahun:
   2022
NIM Mahasiswa:
 18306011012
Nama Mahasiswa:
 MAULIDUN
Nama Penulis:
 MAULIDUN
Item Type:
 Skripsi
Additional Info:
 Skripsi mahasiswa
Keyword(s):
Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Prestasi belajar IPS
Abstract :
Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII reguler dan binsus SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Dimana jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 63 responden 31 dari kelas VII reguler dan 32 dari kelas VII binsus. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode : angket, dan observasi. Berdasarkan perhitungan yang diperoleh dengan menggunakan uji t adalah hasil dari uji hipotesis kelas VII reguler SMP
Muhammadiyah 1 pekanbaru diketahui nilai t hitung = 0,584 < 2,042 nilai t tabel dengan nilai signifikansi 0,563 > 0,05 maka H0 diterima dan Ha ditolak, berarti variabel bebas (status sosial ekonomi orang tua kelas reguler) tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat (prestasi belajar siswa kelas reguler). Sedangkan hasil dari uji hipotesis kelas
VII binsus SMP Muhammadiyah 1 pekanbaru diketahui nilai t hitung = -196 < 2,045 nilai t tabel dengan nilai signifikansi 0,846 > 0,05 maka H0 diterima dan Ha ditolak, berarti variabel bebas (status sosial ekonomi orang tua kelas binsus) tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat (prestasi belajar siswa kelas binsus). Status sosial ekonomi orang tua tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas
VII reguler dan binsus SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru