PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU
Categorie(s):
Skripsi, Thesis, Disertasi
Author(s):
RIZKY FEBLIANSYAH
Tahun:
2022
NIM Mahasiswa:
18306011017
Nama Mahasiswa:
RIZKY FEBLIANSYAH
Nama Penulis:
RIZKY FEBLIANSYAH
Item Type:
Skripsi
Additional Info:
Skripsi mahasiswa
Keyword(s):
Problem Based Learning, Problem Solving,Hasil Belajar
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran
Problem Based Learning Dan Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi exsperiment. Analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Pengolahan data menggunakan program komputer SPSS series 25. Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa penggunaan metode Problem Based Learning dan Problem Solving memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dari data perbandingan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan metode Problem Based Learning dan Problem Solving mengalami kenaikan, dan nilai rata-rata pada Posttest mengalami kenaikan. Jika sebelum penerapan metode Problem Based Learning dan Problem Solving nilai minimum sebesar 42 dan nilai maksimum sebesar 90 terjadi kenaikan setelah penerapan metode Problem Based Learning dan Problem Solving dimana nilai minimum sebesar 54 dan nilai maksimum sebesar 96 dengan demikian terjadi kenaikan, Selanjutnya berdasarkan hasil perhitungan uji t menunjukkan angka signifikan 0,001 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 dengan demikian Ha diterima, artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru sebelum diberi perlakuan dengan dan sesudah diberi perlakuan dengan menggunakan menggunakan metode Problem Based Learning dan Problem Solving.
Problem Based Learning Dan Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi exsperiment. Analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Pengolahan data menggunakan program komputer SPSS series 25. Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa penggunaan metode Problem Based Learning dan Problem Solving memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dari data perbandingan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan metode Problem Based Learning dan Problem Solving mengalami kenaikan, dan nilai rata-rata pada Posttest mengalami kenaikan. Jika sebelum penerapan metode Problem Based Learning dan Problem Solving nilai minimum sebesar 42 dan nilai maksimum sebesar 90 terjadi kenaikan setelah penerapan metode Problem Based Learning dan Problem Solving dimana nilai minimum sebesar 54 dan nilai maksimum sebesar 96 dengan demikian terjadi kenaikan, Selanjutnya berdasarkan hasil perhitungan uji t menunjukkan angka signifikan 0,001 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 dengan demikian Ha diterima, artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru sebelum diberi perlakuan dengan dan sesudah diberi perlakuan dengan menggunakan menggunakan metode Problem Based Learning dan Problem Solving.