STUDY KASUS DAMPAK PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM JAM BELAJAR DISEKOLAH DI TK AL-MUBAROK KIDS TANGKERANG BARAT KEC. MARPOYAN DAMAI PEKANBARU
Categorie(s):
Skripsi, Thesis, Disertasi
Author(s):
DILA MAISARI
Tahun:
2022
NIM Mahasiswa:
18306021028
Nama Mahasiswa:
DILA MAISARI
Nama Penulis:
DILA MAISARI
Item Type:
Skripsi
Additional Info:
Skripsi mahasiswa
Keyword(s):
Pendampingan, orang tua, jam belajar
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi tentangdeskriptif kualitatif dengan metode studi kasus (1) Faktor yang mempengaruhi pendampingan orang tua terhadap anak,(2) Dampak pendapingan orang tua pada saat jam pembelajaran.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian satu orang tua,satu kepala sekolah dan tiga guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi.Teknik analisis data reduksi data, penyajian data dan
verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perilaku orangtua dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Mendampingi anak tidak diperbolehkan dalam kegiatan belajar mengajar yang sudah diterapkan di tata tertib sekolah dan sudah disosialisasikan. Perilaku orangtua dapat diamati secara langsung dengan melihat ketika orangtua sedang mengarahkan dan membantu menyelesaikan tugas anak. Orangtua beralasan dan orangtua belum
memahami peran ketika anak-anak sedang dalam kegiatan belajar mengajar. Guru berupaya untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan mengingatkan kepada orangtua yang masih mendampingi dan terlibat dalam kegiatan belajar mengajar.
dokumentasi.Teknik analisis data reduksi data, penyajian data dan
verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perilaku orangtua dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Mendampingi anak tidak diperbolehkan dalam kegiatan belajar mengajar yang sudah diterapkan di tata tertib sekolah dan sudah disosialisasikan. Perilaku orangtua dapat diamati secara langsung dengan melihat ketika orangtua sedang mengarahkan dan membantu menyelesaikan tugas anak. Orangtua beralasan dan orangtua belum
memahami peran ketika anak-anak sedang dalam kegiatan belajar mengajar. Guru berupaya untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan mengingatkan kepada orangtua yang masih mendampingi dan terlibat dalam kegiatan belajar mengajar.