Meningkatkan Keterampilan Bicara Anak Usia 3-4 tahun melalui Metode Bercerita Menggunakan Wayang di KB Kasih Ibu Desa Hidup baru Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar

Categorie(s):
   Skripsi, Thesis, Disertasi
Author(s):
   VERAWATI PADANG
Tahun:
   2022
NIM Mahasiswa:
 183306021024
Nama Mahasiswa:
 VERAWATI PADANG
Nama Penulis:
 VERAWATI PADANG
Item Type:
 Skripsi
Additional Info:
 Skripsi mahasiswa
Keyword(s):
Keterampilan Bicara, mendongeng dengan wayang
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terdapat di KB Kasih Bunda yaitu anak didik belum secara maksimal mampu mengembangkan keterampilan bicara, anak-anak belum menemukan cara yang tepat untuk mengeluarkan bunyi suara dan rangkaian kata menjadi kalimat sebagai sarana untuk menyatakan pikiran dan perasaan anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan bicara anak melalui metode bercerita
menggunakan wayang di KB Kasih Ibu Desa Hidupbaru Kecamatan Kampar Kiri Tengah kabupaten Kampar. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari Tindakan-tindakan mereka melaksanakan tugas, memperdalam pemahaman terhadap kondisi di mana praktek pembelajaran dilakukan. Subjek penelitian yaitu siswa dan anak didik Kelompok Bermain Kasih Ibu Hidup baru Tahun pelajaran 2021/2022 usia 3-4 tahun yang berjumlah 10 anak yang terdiri dari 4 laki-laki dan 6 perempuan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan mendongeng mendongengpada siklus I ke siklus II diperoleh peningkatan yaitu dengan ketuntasan klasikal sebesar 80%. Inilah yang menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan bicara anak yaitu Kosak kata dan artikuklasi anak KB Kasih Ibu menjadi meningkat melalui kegiatan mendongeng dengan wayang