PENGARUH PENGELOLAAN PEMBELAJARAN SENTRA PERSIAPAN TERHADAP NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI DI TK PEMBINA 2 PEKANBARU
Categorie(s):
Skripsi, Thesis, Disertasi
Author(s):
HD ECHY DEWI
Tahun:
2022
NIM Mahasiswa:
18306022005
Nama Mahasiswa:
HD ECHY DEWI
Nama Penulis:
HD ECHY DEWI
Item Type:
Skripsi
Additional Info:
Skripsi mahasiswa
Keyword(s):
Pengelolaan Pembelajaran, Nilai Karakter, Anak Usia Dini
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan
pembelajaran sentra persiapan terhadap nilai karakter anak usia dini di TK Pembina 2 Pekanbaru. Jenis penelitian yakni eksperimen dengan model one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak anak usia 5-6 tahun kelas B TK Pembina 2 Pekanbaru berjumlah 75 anak. Menentukan sampel penelitian ini menggunakan tekhnik multiple stage dengan cara proportional
probability yakni tiap anggota kelompok mempunyai probabilitas yang sebanding dengan besar relatif dari kelompok-kelompok yang dimasukkan dalam subsampel. Sehingga sampel dalam penelitian ini 16 orang anak. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan: terdapat pengaruh pengelolaan pembelajaran
di sentra persiapan terhadap nilai-nilai karakter pada anak Kelas B4 di TK Negeri Pembina 2 Pekanbaru, hal ini di buktikan thitung = 13,190 lebih besar dari pada ttabel = 2,131. Dengan demikian Ho = ditolak dan Ha = diterima. Saran dalam penelitian ini penanaman nilai-nilai karakter, seluruh komponen sekolah baik yayasan, kepala sekolah, pegawai, guru serta orang tua peserta didik perlu bekerja sama memberikan pengaruh positif terhadap pembinaan karakter peserta didik. Sekolah perlu mempelopori orang tua dengan mengadakan kegiatan Parenting sebagai upaya pengawasan perkembangan peserta didik dari perilaku dan sikap yang menyimpang dan tidak sesuai bagi usia nya, baik di rumah dan di masyarakat.
pembelajaran sentra persiapan terhadap nilai karakter anak usia dini di TK Pembina 2 Pekanbaru. Jenis penelitian yakni eksperimen dengan model one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak anak usia 5-6 tahun kelas B TK Pembina 2 Pekanbaru berjumlah 75 anak. Menentukan sampel penelitian ini menggunakan tekhnik multiple stage dengan cara proportional
probability yakni tiap anggota kelompok mempunyai probabilitas yang sebanding dengan besar relatif dari kelompok-kelompok yang dimasukkan dalam subsampel. Sehingga sampel dalam penelitian ini 16 orang anak. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan: terdapat pengaruh pengelolaan pembelajaran
di sentra persiapan terhadap nilai-nilai karakter pada anak Kelas B4 di TK Negeri Pembina 2 Pekanbaru, hal ini di buktikan thitung = 13,190 lebih besar dari pada ttabel = 2,131. Dengan demikian Ho = ditolak dan Ha = diterima. Saran dalam penelitian ini penanaman nilai-nilai karakter, seluruh komponen sekolah baik yayasan, kepala sekolah, pegawai, guru serta orang tua peserta didik perlu bekerja sama memberikan pengaruh positif terhadap pembinaan karakter peserta didik. Sekolah perlu mempelopori orang tua dengan mengadakan kegiatan Parenting sebagai upaya pengawasan perkembangan peserta didik dari perilaku dan sikap yang menyimpang dan tidak sesuai bagi usia nya, baik di rumah dan di masyarakat.