IMPLEMENTASI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA POP UP BOOK DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK KELAS B DI RA AR RAZZAQ RUMBAI

Categorie(s):
   Skripsi, Thesis, Disertasi
Author(s):
   MEL SANDI
Tahun:
   2022
NIM Mahasiswa:
  18306021013
Nama Mahasiswa:
 MEL SANDI
Nama Penulis:
 MEL SANDI
Item Type:
 Skripsi
Additional Info:
 Skripsi mahasiswa
Keyword(s):
Metode Bercerita, Pop Up Book, Perkembangan Bahasa
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan proses implementasi metode bercerita dengan menggunakan media pop up book dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis dengan subjek penelitian empat orang guru di kelas B di Ra Ar Razzaq Rumbai. Alat pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode bercerita menggunakan media pop up book dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak ada empat tahapan yaitu persiapan, guru mengatur posisi duduk anak membentuk lingkaran. Kedua pembukaan, guru menggali pengalaman anak sesuai tema cerita. Ketiga inti, guru mulai bercerita dan yang keempat penutup yaitu, guru melakukan tanya jawab tentang isi cerita dan anak menceritakan kembali isi cerita. Hasil penelitian ini adalah kegiatan menstimulasi perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun dapat ditingkatkan dengan melakukan metode bercerita menggunakan media pop up book. Saran dari penelitian ini adalah diharapkan guru lebih meningkatkan lagi kegiatan bercerita menggunakan media pop up book agar lebih optimal dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak.